kumparan
Entertainment23 Mei 2020 13:05

Badai Terima Permintaan Maaf Indira Kalistha: Saya Hanya Ingin Mengedukasi Dia

Konten Redaksi kumparan
Indira Kalistha PTR
Indira Kalistha. Foto: Instagram @indirakalistha
Beauty vlogger Indira Kalistha kembali menjadi sorotan. Kali ini, ia mendapatkan teguran dari musisi Doadibadai Hollo atau yang lebih dikenal sebagai Badai eks Kerispatih.
ADVERTISEMENT
Indira Kalistha ditegur lantaran mengubah sepenggal lirik lagu Aku Cuma Punya Hati yang diciptakan oleh Badai. Kepada kumparan, pria 42 tahun itu menceritakan bagaimana awalnya ia mengetahui hal tersebut.
Badai mendapat video yang memperlihatkan Indira Kalistha mengubah lirik ciptaannya itu dari salah satu follower Instagram lewat direct message (DM).
"Memang kemarin ada yang kasih tahu saya, 'Mas, ini ada yang cover lagunya nih,' gitu. Saya tahu Indira Kalistha itu karena peristiwa yang corona kemarin. Tapi, saya enggak begitu ngikutin beritanya karena terus terang saya bukan penikmat social media yang segitunya," ujar Badai via telepon, Sabtu (23/5).
Badai eks Kerispatih
Badai eks Kerispatih Foto: Instagram @_.badaithepianoman
Setelah menerima DM dan menyimpan video yang dimaksud, Badai mengunggah teguran yang pertama di akun Instagramnya. Mantan kibordis Kerispatih itu mengaku menegur Indira Kalistha baik-baik.
ADVERTISEMENT
"Saya bilang bahasanya baik-baik, 'Teruntuk Mbak Indira yang baik,' saya bilang gitu, 'kalau menyanyikan lagu karya orang lain, harus tahu proseduralnya, apalagi mengganti lirik. Meskipun hanya sepenggal, tapi itu mengubah maksud dan tujuan lagu.' Itu, lho. Saya kasih tahu, 'Saya tunggu niat baik Mbak untuk menghubungi saya lewat DM.' Sudah," kata Badai.
Hanya saja, teguran pertama itu tidak mendapatkan respons. Setelah menunggu beberapa hari, Badai mengunggah teguran yang kedua.
"Lusanya itu baru saya bikin lagi. Ya, saya bilang, 'Ini imbauan kedua saya untuk mbak Indira,' Berupa video dan saya kasih tahu lagi, 'Ini videonya. Yang ini, nih.' Saya kasih tahu. Sampai saya upload video itu juga, enggak ada respons. Apa dia sibuk atau gimana, saya enggak tahu juga, kan. Begitu masuk akun gosip kemarin malam, baru direspons dan di-DM-lah saya," bebernya.
Indira Kalistha
Indira Kalistha. Foto: Instagram @indirakalistha
Dalam percakapan melalui DM itu, Indira Kalistha meminta maaf atas perbuatannya. Istri Gustaf Sailendra tersebut mengaku tidak mengetahui soal prosedur meng-cover lagu. Apalagi, ia sampai mengubah liriknya.
ADVERTISEMENT
Permintaan maaf itu direspons baik oleh Badai. Tindakan menegur Indira Kalistha ini, menurutnya, semata-mata dilakukan untuk mengedukasi perihal adanya hak cipta.
"Dia minta maaf, 'Mas, saya enggak tahu kode etiknya. Saya minta maaf. Saya enggak ada maksud apa-apa.' Saya bilang, 'Halo Indira, terima kasih niat baiknya.' Yang permintaan maaf dia, saya posting. 'Terima kasih niat baiknya, saya hanya mengedukasi saja, lagu itu ada yang punya,'" jelasnya.
"'Sebaiknya kalau gitu, untuk lucu-lucuan, saya tidak keberatan. Tapi, minimal saya diberitahu sebagai yang punya lagunya. Memang ribet, jatohnya pasti ribet, tapi kalau enggak mau ribet, ya, jangan pake lagu orang untuk lucu-lucuan.' Itu, lho, intinya, pakai aja media lain atau lagunya sendiri atau apa, kan. Saya cuma kasih tahu itu," lanjut Badai.
Indira Kalistha PTR
Indira Kalistha. Foto: Instagram @indirakalistha
Akhirnya, sesuai dengan kesepakatan, Indira Kalistha menghapus konten video tersebut. Badai pun menghapus unggahan berisi tegurannya.
ADVERTISEMENT
Jelang menutup perbincangan, Badai mengatakan bahwa peristiwa yang berkaitan dengan masalah hak cipta sudah sering terjadi.
"Sudah banyak yang melakukan mutilasi ciptaan atau distorsi ciptaan dan itu jelas diatur dalam Pasal 5 ayat (1) Undang-Undang Nomor 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta. Itu jelas dikatakan bahwa pencipta lagu punya hak moral untuk mempertahankan ciptaannya atas distorsi atau mutilasi ciptaan yang dilakukan oleh orang lain," bebernya.
Ia pun mengingatkan generasi muda untuk tetap menghargai pencipta dari sebuah karya. Terlebih, sebagai pencipta lagu, merupakan haknya untuk memberikan teguran.
"Jadi, itu yang sebenarnya saya sampaikan ke generasi ini, supaya generasi ini mengerti, ketika kita menyanyikan karya orang, itu tidak segampang membalikkan kedua telapak tangan. Ada respect yang harus kalian punya kepada pencipta lagunya," ujar Badai di akhir perbincangan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan