kumparan

Bawakan Lagu 'SurgaMu', Anak Enda 'Ungu' Pusing Masalah Bahasa

Zara Leola dan Enda
Zara Leola dan Enda Foto: Alexander Vito/kumparan
Album kompilasi ‘Demi Masa’ resmi dirilis pada Kamis (9/5). Album itu berisikan karya-karya gabungan artis label Trinity Optima Production dan Musica Studio's, seperti Afgan, Nidji, dan Zara Leola.
ADVERTISEMENT
Dalam album tersebut, Zara membawakan lagu ‘SurgaMu’ milik Ungu yang dimotori ayahnya, Enda. Zara menyanyikan lagu tersebut bersama sang ayah.
"Alhamdulillah, aku dan Zara dikasih kesempatan sama Allah tentunya untuk me-recycle lagu yang berjudul 'SurgaMu' dengan versi Zara," kata Enda ketika ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, belum lama ini.
Enda Ungu dan Zara Leola
Gitaris band Ungu, Enda bersama anaknya Zara Leola saat ditemui wartawan seusai latihan jelang acara Lazada Ramadhan di studio Rossi Jakarta, Rabu, (8/5). Foto: Ronny
Meski sudah mengetahui lagu ‘SurgaMu’, Zara Leola tetap menghadapi tantangan ketika membawakannya. Zara mengalami kesulitan untuk memahami makna di lagu itu karena cewek 12 tahun tersebut selama ini aktif menggunakan bahasa Inggris.
"Ya, kita tahu semualah, ya, untuk anak-anak yang bersekolah di sekolah internasional. Bukan enggak mengenal bahasa Indonesia ya, tapi lebih kenal bahasa Inggris," ucap Enda 'Ungu'.
ADVERTISEMENT
"Untuk melafalkan lagu itu ('SurgaMu') 'kan, harus benar ya, karena ini lagu religi. Memang jadi susah banget take-nya," sambungnya.
Enda jadi harus ekstra sabar menjelaskan makna per bait di lagu 'SurgaMu' pada Zara Leola. Hal itu pun menjadi pekerjaan yang cukup sulit bagi keduanya.
Enda Ungu dan Zara Leola
Gitaris band Ungu, Enda bersama anaknya Zara Leola saat ditemui wartawan seusai latihan jelang acara Lazada Ramadhan di studio Rossi Jakarta, Rabu, (8/5). Foto: Ronny
"Gue benar-benar ceritain dulu lirik di bagian ini maksudnya gimana. Setelah dia mengerti baru ya, akhirnya bisa juga. Coba kalau dia disuruh take lagu Blackpink, beda pasti, cepat banget," ujarnya seraya tertawa.
Meski begitu, Enda mengaku Zara Leola tidak mengalami keberatan. Justru, putrinya yang merupakan pelantun 'Wake Up' itu antusias untuk belajar lebih banyak lagi demi memahami lagu 'SurgaMu'.
"Zara itu sudah terbiasa kerja, karena dari umur 6 tahun dia sudah ikut dance ke mana-mana. Malah kalau enggak digembleng, dia bingung," imbuh Enda 'Ungu'.
ADVERTISEMENT
Selain Zara, dalam album kompilasi terdapat pula lagu 'Vibrasi Dua Arah' karya Nidji bersama Ubay, sang vokalis baru. D'Masiv menyanyikan lagu baru berjudul 'Do'a' yang digarap bersama penyanyi muda Shakira Jasmine. Sedangkan Afgan mendaur ulang lagu 'Ku Mohon' milik penyanyi senior Malaysia, Sheila Majid.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan