kumparan
13 Mei 2019 12:55

'Bilal: A New Breed of Hero', Film Animasi Termahal Uni Emirat Arab

Adegan di film 'Bilal: A New Breed of Hero'
Adegan di film 'Bilal: A New Breed of Hero' Foto: dok: Barajoun Entertainment
Setelah tayang lebih dulu di sejumlah negara, film animasi 'Bilal: A New Breed of Hero' siap tayang di Indonesia. Film yang meraih penghargaan sebagai 'Best Inspiring Movie' dalam kategori animasi di Festival Film Cannes tahun 2016 ini, akan tayang mulai 15 Mei mendatang.
ADVERTISEMENT
'Bilal: A New Breed Of Hero' dibuat dengan budget sekitar 30 juta dollar AS dan menjadi film animasi termahal dari Uni Emirat Arab.
'Bilal: A New Breed of Hero' merupakan film animasi panjang pertama dari Uni Emirat Arab. Film yang digarap Barajoun Entertainment ini berkisah tentang sosok Bilal bin Rabah, seorang budak dari Ethiopia yang menjadi sahabat nabi Muhammad SAW. Dialah yang diminta mengumandangkan azan untuk pertama kalinya oleh Nabi.
Karakter Bilal sendiri dialihsuarakan oleh aktor asal Inggris, Adewale Akinnuoye-Agbaje, pemeran Killer Croc di film 'Suicide Squad'.
Bilal: A New Breed of Hero
Bilal: A New Breed of Hero Foto: Barajoun Entertainment
Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima kumparan, Senin (13/5), cerita film ini dimulai ketika Bilal masih menginjak usia 7 tahun. Namun, ia sudah memiliki cita-cita untuk menjadi seorang ksatria.
ADVERTISEMENT
Bilal dan saudari perempuannya kemudian diculik dari kampung halamannya dan dijual sebagai seorang budak. Dari sinilah ia kemudian terhempas kedalam sebuah dunia yang penuh dengan kekejaman dan ketidakadilan.
Meskipun mengalami berbagai kesulitan, Bilal mulai menemukan kekuatan dari dalam dirinya untuk menemukan jalan hidupnya. Menjadi seorang pria yang mengilhami banyak orang dengan kekuatannya melawan perbudakan, penindasan, diskriminasi, penyampaian akan keadilan, kesetaraan, dan gagasan tentang satu ajaran di bawah naungan Tuhan.
Film "Bilal: A New Breed of Hero"
Film "Bilal: A New Breed of Hero" Foto: YouTube: KinoCheck International
Ayman Jamal, Produser dan Ko-Sutradara film 'Bilal : A New Breed Of Hero', mengatakan, film Bilal dibuat berdasarkan kisah nyata, akan tetapi tidak mengacu pada sejarah utuh sosok Bilal. Hal itu karena akan adanya potensi melenceng dari sejarah agama Islam.
ADVERTISEMENT
"Muatan Islami dalam film ini juga dibuat lebih samar guna merangkul segmen penonton yang lebih luas," ucap Ayman Jamal.
Film 'Bilal: A New Breed of Hero'
Bilal layak jadi sosok idola anak Foto: YouTube: KinoCheck International
Dengan digarap oleh 250 animator, dibutuhkan waktu selama 8 tahun untuk menyelesaikan film ini. Hasilnya, film animasi ini tidak kalah dengan film animasi Hollywood, dan banyak yang tidak menduga film ini dibuat di Uni Emirat Arab.
'Bilal: A New Breed of Hero' akan tayang mulai 15 Mei 2019 di jaringan bioskop CGV dan Cinemaxx.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan