kumparan
26 September 2019 16:55

Cara Hanung Bramantyo Ubah Wajah Reza Rahadian Jadi Habibie Remaja

(NOT COVER) Reza Rahadian jadi Habibie Remaja di 'Habibie & Ainun 3'
Reza Rahadian jadi Habibie Remaja di 'Habibie & Ainun 3'. Foto: Instagram/@officialpilarez
Film 'Habibie & Ainun 3' akan segera tayang di bioskop pada Desember mendatang. Sebelumnya, publik sempat bertanya-tanya tentang siapa sosok yang memerankan karakter BJ Habibie remaja.
ADVERTISEMENT
Aktor muda Jefri Nichol sempat digadang-gadang akan berperan sebagai Habibie muda dan beradu akting dengan Maudy Ayunda. Namun ternyata, Reza Rahadian yang kembali dipilih untuk memainkan tokoh tersebut.
BJ Habibie meninggal, para tokoh di pemakaman BJ Habibie
Hanung Bramantyo (kedua kanan) dan Chelsea Islan (kanan) di pemakaman BJ Habibie. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Hanung Bramantyo berusaha keras untuk membuat sosok Reza Rahadian yang berusia 30 tahunan, menjadi remaja yang berusia belasan tahun. Dia pun akhirnya memutuskan untuk memberi efek CGI pada wajah Reza.
"Kita konsultasi langsung sama kawan-kawan dari Amerika yang membuat CGI di sana. Tapi bukan yang membuat CGI itu ya," ucap Hanung Bramantyo ketika dijumpai di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, Kamis (26/9).
Reza Rahadian.
Reza Rahadian. Foto: Munady Widjaja
Sutradara film 'Sang Pencerah' itu mengatakan bahwa seluruh pembuatan CGI di film 'Habibie & Ainun 3' dilakukan di Indonesia. Ia mengaku jika alat-alat yang digunakan cukup sederhana, tak secanggih yang berada di Hollywood.
ADVERTISEMENT
Awalnya, Hanung bahkan mencoba eksperimen itu menggunakan badannya sendiri. Ia menggabungkan kepalanya dengan tubuh anaknya yang masih remaja.
"Jadi kita motret Reza dulu 360 derajat. Hasil foto itu dimasukkan ke komputer 3D. Nah terus hasil fotonya bisa kita putar kan. Bisa kita ambil rambutnya," terang Hanung soal proses CGI di wajah Reza.
"Lalu kita syuting anak SMA nya. Anak SMA nya kepalanya ditutupin. Kita bikin jilbab biru gitu. Terus kita kasih dot dot dot gitu. Nah jilbab ini akan kita lepas dan kasih mukanya Reza," lanjutnya.
Poster film Habibie & Ainun 3
Poster film Habibie & Ainun 3. Foto: Instagram/@mdpictures_official
Produser film 'Habibie & Ainun 3', Manoj Punjabi, memng menantang Hanung untuk melakukan itu semua di Indonesia. Namun, jika Hanung tak dapat melakukannya, Manoj tak segan menggelontorkan dana yang besar untuk menggarapnya di Amerika Serikat.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Manoj juga sempat mengusulkan untuk mencari aktor muda untuk memerankan karakter Habibie. Namun, Hanung dan timnya yakin mampu mengaplikasikan teknik CGI itu di wajah Reza.
"(Manoj bilang) 'Kalau enggak bagus, mending kita cari aktor aja lah yang mirip Reza'. Masalahnya enggak ada. Siapa aktor muda yang mirip Reza dan bisa bermain sebagai Habibie?" pungkas Hanung Bramantyo.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan