Entertainment
·
26 April 2021 8:42

Chloe Zhao Jadi Sutradara Wanita Asia Pertama yang Menangkan Piala Oscar

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Chloe Zhao Jadi Sutradara Wanita Asia Pertama yang Menangkan Piala Oscar (140601)
Chloe Zhao tiba di Academy Awards ke-93, di Union Station, di Los Angeles, AS, Minggu (25/4). Foto: Chris Pizzello/Pool via REUTERS
Acara puncak penganugerahan Piala Oscar 2021 digelar di dua tempat, Dolby Theatre dan Union Station, Los Angeles, Amerika Serikat, pada hari ini, Senin (26/4). Acara dimulai sejak pukul 7.00 WIB dan beberapa film telah meraih kemenangan, mulai dari Judas and the Black Messiah hingga Promising Young Woman.
ADVERTISEMENT
Satu sejarah baru pun tertorehkan di Piala Oscar 2021. Chloe Zhao menjadi wanita Asia pertama yang menangkan kategori Best Director di Piala Oscar.
Kemenangan itu ia raih berkat film Nomadland. Zhao yang mengenakan kostum serba putih pun menyampaikan rasa syukurnya saat maju menerima piala.
"Terima kasih pada The Academy, terima kasih sudah memilihku menjadi nominasi. Terima kasih semua tim produksi Nomadland, kalian luar biasa dan aku sangat bangga dengan kalian," ungkap Chloe Zhao.
Chloe Zhao Jadi Sutradara Wanita Asia Pertama yang Menangkan Piala Oscar (140602)
Chloe Zhao tiba di Academy Awards ke-93, di Union Station, di Los Angeles, AS, Minggu (25/4). Foto: Chris Pizzello/Pool via REUTERS
Ia pun mengungkapkan pada siapa Piala Oscar itu dipersembahkan. Yang ia nyatakan di panggung pun terasa sangat sederhana dan tidak muluk-muluk.
"Kadang aku berpikir, bagaimana bisa aku terus melangkah saat kehidupan menjadi sangat sulit. Ternyata, setelah kutelisik, semua agaknya berawal dari kebiasaanku ketika kecil di China. Saat itu, aku dan ayahku biasa bermain tebak sajak kuno," kata Zhao.
ADVERTISEMENT
"Ada satu sajak yang sangat ingat, 'Semua orang yang baru lahir itu baik.' Aku tersentuh dengan kata-kata itu dan aku masih mempercayainya sampai sekarang. Jadi, piala ini kupersembahkan untuk semua orang yang mau percaya dan yakin bahwa kebaikan akan selalu hadir biarpun situasinya sulit," sambungnya.
Sebelum Chloe Zhao, sudah ada beberapa nama yang menerima Piala Oscar 2021. Dua di antaranya adalah Daniel Kaluuya (Best Supporting Actor) dan Emerald Fennell (Promising Young Woman).
Film terakhir Chadwick Boseman, Ma Rainey's Black Bottom, bahkan sudah memenangkan dua Piala Oscar 2021, yakni Best Makeup and Hairstyling dan Best Costume Design.