kumparan
search-gray
Entertainment16 Juni 2020 17:18

Cinta Laura Imbau Perempuan Korban Kekerasan Tak Takut untuk Melapor

Konten Redaksi kumparan
Cinta Laura Imbau Perempuan Korban Kekerasan Tak Takut untuk Melapor (415214)
Cinta Laura saat ditemui di kawasan Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (13/12). Foto: Alfadillah/kumparan
Pada Juli 2019, Cinta Laura didapuk oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) sebagai Duta Anti Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak.
ADVERTISEMENT
Ia pun cukup serius menjalani perannya itu. Cinta merasa banyak hal yang harusnya bisa dilakukan untuk meningkatkan fasilitas yang membantu anak dan perempuan di Tanah Air. Cinta mengaku ingin berperan langsung dalam mewujudkan hal tersebut.
“Selagi aku masih muda dan bisa menjadi role model yang baik buat adik-adik yang ada di luar sana, aku ingin nunjukin bahwa, kalau kita bisa benar-benar menjaga anak-anak Indonesia, menjaga perempuan Indonesia, dan membuat mereka nyaman dan bahagia. Indonesia bisa jadi negara yang sejahtera,” ungkap Cinta dalam program Brownis, yang tayang Selasa (16/6).
Cinta Laura Imbau Perempuan Korban Kekerasan Tak Takut untuk Melapor (415215)
Cinta Laura Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Beberapa hal juga sudah Cinta lakukan untuk bisa ikut serta menurunkan tingkat kekerasan terhadap anak dan perempuan di Indonesia. Salah satunya, dengan terus mengedukasi masyarakat untuk mengenali tipe-tipe kekerasan.
ADVERTISEMENT
“Apa itu kesetaraan gender, ada tipe kekerasan apa aja. Jadi yang pasti melalui event yang aku lakuin bareng KPPPA dan juga fundraising,” ucap Cinta.
“Pokoknya, social media aku, aku mulai mempromosikan apa sih tipe kekerasan yang ada. Gimana caranya kalau kalian jadi korban, apa yang dilakukan, pastikan itu dulu yang pertama, karena kalau konsep dasarnya aja belum paham, masalahnya gimana kita mau cari solusinya,” tambahnya.
Salah satu yang membuat Cinta miris adalah masih banyak korban kekerasan yang malu ataupun takut untuk melaporkan pelaku kekerasan. Sebagai duta, Cinta mengajak para korban untuk tak ragu melapor lewat lembaga yang memang menangani isu tersebut.
Cinta Laura Imbau Perempuan Korban Kekerasan Tak Takut untuk Melapor (415216)
Cinta Laura Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Cinta bahkan menekankan bahwa dalam tindak kekerasan apa pun, korban sebetulnya tidak bersalah.
ADVERTISEMENT
“Padahal yang harus mereka ingat bahwa korban enggak pernah salah apa pun baju yang mereka gunakan. Pelaku yang harusnya punya pilihan untuk enggak melakukan hal itu,” ungkap Cinta.
Menurut Cinta, jika korban belum bisa melapor pada instansi terkait, ada baiknya tindakan kekerasan yang dialaminya dilaporkan pada orang terdekat. Sehingga nantinya bakal ada langkah lebih lanjut yang bisa diambil atas tindak kekerasan tersebut.
“Setiap orang kan punya pilihan, sayangnya ada orang yang akhirnya milih diam aja. Tapi kalau rekomendasi aku sebaiknya jangan seperti itu, langsung laporkan, screenshoot buktinya, kalau itu kekerasan cyber. Kalau kekerasan physical kalian langsung foto buktinya, foto visum,” pungkas Cinta Laura.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white