kumparan
17 Jan 2019 12:47 WIB

Curhat Terakhir Gebi Ramadhan Soal Sakitnya: Vonis Dokter Selalu Buruk

Gebi Ramadhan. (Foto: Instagram @gebi_ramadhan)
Gebi Ramadhan kini telah pergi untuk selama-lamanya. Komika 24 tahun itu meninggal dunia pada Selasa (15/1) pukul 17.25 WIB, setelah sekitar satu tahun berjuang melawan kanker hati.
ADVERTISEMENT
Semula, Gebi Ramadhan berusaha menyembunyikan penyakit itu dari sahabat-sahabatnya dengan alasan tidak ingin merepotkan orang lain. Dengan kondisi fisiknya yang sudah lemah, Gebi berdalih hanya menderita asam lambung.
"Kamu gak pernah mau ngrepotin orang lain, tapi jangan sebegitunya juga hingga kamu gak mau cerita awal kamu sakit. Bahkan saat saya ketemu kamu di awal 2018 (kamu terlihat kurus & pucat), kamu hanya bilang karna asam lambung jadi sering ngedrop badanmu," cerita salah seorang sahabat Gebi, Noordiansyah Widy di Instagram pribadinya, Rabu (16/1).
Sampai akhirnya Gebi Ramadhan mau terbuka soal penyakitnya. Setelah itu, para sahabat membuat sebuah acara kecil-kecilan untuk Gebi bertajuk 'Comedy Cures for Gebi Ramadhan' yang berlangsung pada Agustus 2018.
ADVERTISEMENT
Di acara itu pula, Gebi terakhir kalinya menghibur semua orang sebagai seorang komika. Pria asal Serang, Banten tersebut bercerita tentang penyakit ganas yang tengah menggerogoti tubuhnya dalam kondisi fisik sudah mulai melemah. Tapi tidak sedikit pun, Gebi memperlihatkan kesakitannya dan selalu menunjukkan senyum semringah.
"Jujur, sakit gini juga gue yang diserang bukan cuma secara fisik tapi juga secara psikis. Karena vonis dokter enggak pernah makin membaik setiap harinya, malah semakin buruk. Kerjaan pun disetop, literally gue di rumah. Abis mandi, makan di kamar diam saja. Kayak pembantu baru dari kampung tahu enggak lo, nungguin majikan," ujar Gebi Ramadhan dengan gaya kocaknya.
Walau kesehatannya semakin menurun, Gebi Ramadhan mengaku ikhlas menghadapi penyakitnya. "Tapi nyokap selalu bilang, udah bersyukur aja, bersyukur hadapi semuanya, ikhlas, ikhlas. Ya sudah, gue ikhlasin aja lah. Makanya kalau ngelihatin teman-teman yang masih suka ngeluh soal job, ya Allah... Dikasih penyakit tahu rasa deh," guraunya.
ADVERTISEMENT
Gebi justru merasa lebih beruntung dari penderita kanker lainnya. "Beruntung lah gue masih bisa jalan, beruntung lah gue masih bisa aktivitas," jelas Gebi Ramadhan.
Download aplikasi kumparan di App Store atau di Play Store untuk mendapatkan berita terkini dan terlengkap seputar selebriti.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan