kumparan
search-gray
Entertainment17 Desember 2019 20:06

Dampingi Suami Saat Sidang, Istri Zul 'Zivilia' Habiskan Ratusan Juta

Konten Redaksi kumparan
Retno Paradinah, POTRAIT
Retno Paradinah istri Zul 'Zivilia', di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (17/12). Foto: Maria Gabrielle Putrinda/kumparan
Istri Zul 'Zivilia', Retno Paradinah, tetap setia mendampingi sang suami yang tengah terjerat kasus dugaan penyalahgunaan narkotika.
ADVERTISEMENT
Selama kurang lebih 4 bulan proses sidang itu berlangsung, Retno kerap hadir untuk memberikan dukungan kepada Zul. Namun, biaya yang dikeluarkan sang istri rupanya juga tidak sedikit.
Retno mengaku sudah menghabiskan banyak pengeluaran untuk mendampingi hingga memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, selama Zul 'Zivilia' di penjara.
"Simpanan (uang) saya dan suami saya, dari hasil jualan kita juga sudah habis. Jadi, enggak bisa dihitung," ucap Retno, ketika ditemui di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (17/12).
Zul zivilia
Terdakwa kasus tindak pidana narkoba Zulkifli alias Zul zivilia dan istrinya berbincang sebelum menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Apalagi, ayah Retno sekaligus pengacara Zul, tinggal di Sulawesi Selatan. Sehingga perlu biaya tiket pesawat untuk terbang ke Jakarta.
"Iya ratusan juta. Tiket aja udah berapa kali sidang kan. Jadi duit bapak, duit saya, kita hitung semua. Jadi ya udahan lumayan banyak," katanya.
ADVERTISEMENT
Retno pun sudah menjual dua gitar milik Zul beberapa waktu lalu. Hal itu demi mencukupi kehidupannya.
"Itu juga sebenernya nolak. Cuma karena dia sendiri yang minta dan waktu itu juga mendesak, untuk pembayaran segala macam. Terus juga saya jualnya ke temen, jadi kalau saya ada rezeki saya bisa membayar kembali," tuturnya.
Zul zivilia, POTRAIT
Terdakwa kasus tindak pidana narkoba Zulkifli alias Zul zivilia dan istrinya berswafoto sebelum menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Sampai saat ini, alat musik yang tersisa adalah piano yang ada di rumah mereka. Menurut Retno, piano itu dibeli patungan bersama Zul 'Zivilia'.
"Jadi kalau dijual ya sayang, enggak ada lagi barang-barang dia. Kalau dia pulang, besok-besok kalau pulang cepet kan, buat ciptain lagu, biasanya dia dari piano juga. Sayang gitu kalau dijual," imbuhnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white