kumparan
3 Oktober 2019 17:18

Ed Sheeran Hasilkan Rp 819 Juta Sehari di Tahun 2018

(NOT COVER) Ed Sheeran
Penyanyi Ed Sheeran tampil menghibur penggemarnya saat konser di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (3/5). Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Ed Sheeran sedang asyik cuti dari dunia musik. Dia akan vakum dari dunia yang membesarkan namanya itu selama kurang lebih 1,5 tahun ke depan.
ADVERTISEMENT
Tidak heran, karena pelantun 'Shape of You' itu pasti merasa lelah setelah dua tahun berturut-turut menjalani tur 'Divide'. Dia berkeliling panggung ke seluruh benua, mulai dari Amerika, Selandia Baru, Australia, Asia, juga Amerika Selatan.
Ed Sheeran juga sempat mampir ke Indonesia dan menggelar konsernya di stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, pada Mei lalu.
Ed Sheeran
Penyanyi dan penulis lagu asal Iggris, Ed Sheeran berbicara dalam sebuah konferensi pers. Foto: AFP/John MACDOUGALL
Rangkaian tur Ed Sheeran kali ini juga berhasil memecahkan rekor sebagai tur terlaris sepanjang masa. Dari 246 panggung, dia meraup pendapatan sekitar USD 775 juta atau Rp 11 triliun.
Hal inilah yang membuat penghasilan Sheeran membuat banyak mata terbelalak. Baru-baru ini, pendapatan penyanyi lagu 'Photograph' itu dikabarkan mencapai Rp 298 miliar di tahun 2018. Artinya, dalam satu hari, dia mendapat gaji sebesar Rp 819 juta.
ADVERTISEMENT
Menurut laporan NME, dokumen-dokumen yang didapat perusahaan milik sang penyanyi, Ed Sheeran Limited, mengungkapkan bahwa perusahaannya itu membuat omset sebesar Rp 568 miliar pada tahun 2018. Dengan laba sebelum pajak, sebesar Rp 413 miliar.
Konser Ed Sheeran di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta
Konser Ed Sheeran di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Foto: Dok. PK Entertainment
Dalam laporan tahunannya, tertanggal 31 Desember 2018, Sheeran menyatakan bahwa aset bersih perusahaannya bernilai Rp 169 miliar. Angka tersebut naik Rp 34,8 miliar dari tahun 2017.
Laporan tersebut juga memperlihat seberapa besar Ed Sheeran membayar pajak perusahaannya, yakni, Rp 78 miliar.
"Kinerja yang dilakukan diukur dengan mengacu pada pergantian dan tingkat aktivitas artis. Pendapatan selama tahun ini tetap stabil dari tahun sebelumnya karena eksploitasi rekaman musik dan penulisan lagu yang berkelanjutan. Ke depan, pergantian perusahaan diharapkan tetap kuat tetapi akan bergantung pada kesuksesan artis yang berkelanjutan," bunyi keterangan dokumen tersebut.
Ed Sheeran
Penyanyi Ed Sheeran tampil menghibur penggemarnya saat konser di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (3/5). Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Jadi, enggak heran, 'kan, kenapa Ed Sheeran memilih untuk cuti dari dunia musik?
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan