kumparan
28 Agustus 2019 15:34

Ed Sheeran Kembali Cuti dari Dunia Musik

Konser Ed Sheeran di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta
Konser Ed Sheeran di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Foto: Dok. PK Entertainment
Penyanyi asal Inggris, Ed Sheeran, baru saja mengumumkan rencana terbarunya. Ia akan mengambil cuti panjang dari dunia musik selama kurang lebih 1,5 tahun ke depan. Sebelumnya, Ed Sheeran juga pernah mengambil cuti panjang selama satu tahun pada tahun 2016.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut disampaikan penyanyi 28 tahun ini sesaat sebelum membawakan lagu terakhirnya dalam rangkaian 'Divide Tour' di Chantry Park, Ipswich, Senin (26/8) waktu setempat.
"Seperti yang kalian tahu, aku telah menjalani tur 'Divide' selama lebih dari dua tahun. Dan ini adalah hari terakhir dari semuanya," kata Ed Sheeran, dikutip dari NME.
Ed Sheeran
Penyanyi dan penulis lagu asal Iggris, Ed Sheeran berbicara dalam sebuah konferensi pers. Foto: AFP/John MACDOUGALL
'Divide Tour' memang menjadi perjalanan tur terbesar Ed Sheeran. Selama dua tahun terakhir, pelantun 'Shape of You' itu berkeliling panggung ke seluruh benua, mulai dari Amerika, Selandia Baru, Australia, Asia, juga Amerika Selatan.
Ed Sheeran juga sempat mampir ke Indonesia dan menggelar konsernya di stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, pada Mei lalu.
Rangkaian tur Ed Sheeran kali ini juga berhasil memecahkan rekor sebagai tur terlaris sepanjang masa. Bahkan, turnya mengalahkan rekor yang diciptakan U2 di tahun 2011 lewat '360° Tour'.
ADVERTISEMENT
Pada kurun waktu Juni 2009 hingga Juli 2011, U2 tampil di 110 panggung dengan pendapatan sebesar USD 736 juta atau Rp 10,4 triliun. Sementara Ed Sheeran, seperti dilansir Forbes,tampil di 246 panggung dengan jumlah pendapatan mencapai USD 775 juta atau Rp 11 triliun.
"Ini adalah hari yang emosional bagi banyak orang di belakang panggung. Rasanya aneh, seperti putus dari pacar setelah bertahun-tahun bersama," kata Ed Sheeran.
(NOT COVER) Ed Sheeran
Penyanyi Ed Sheeran tampil menghibur penggemarnya saat konser di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (3/5). Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Ed Sheeran belum menyampaikan apa kegiatan yang akan ia lakukan selama cutinya nanti. Namun, pelantun 'Lego House' ini disebut akan memaksimalkan waktunya bersama keluarga.
Ed Sheeran sebelumnya mengatakan ia memang ingin memulai sebuah keluarga dengan istrinya, Cherry Seaborn.
"Saya ingin mengucapkan terima kasih untuk semua orang yang terlibat dalam tur ini. Terima kasih untuk semuanya yang telah memberiku kesempatan. Ini adalah lagu terakhirku, sampai bertemu beberapa tahun ke depan, terima kasih," ujar Ed Sheeran seraya menutup konsernya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan