kumparan
14 Oktober 2019 14:59

Eddie Van Halen Mengidap Kanker Tenggorokan

Eddie Van Halen (POTRAIT)
Eddie Van Halen. Foto: Shutter Stock
Kabar mengejutkan dari gitaris Eddie Van Halen. Musisi yang merupakan founder band Van Halen itu dikabarkan mengidap penyakit kanker tenggorokan.
ADVERTISEMENT
Dilansir TMZ, Eddie berobat hingga ke Jerman untuk menyembuhkan penyakitnya. Pria kelahiran Amsterdam, Belanda, ini juga melakukannya secara diam-diam selama bertahun-tahun lamanya agar tidak diketahui publik.
Eddie Van Halen
Eddie Van Halen. Foto: Shutter Stock
Masih menurut laporan TMZ, seorang sumber yang menolak disebutkan namanya mengatakan, pick gitar Eddie yang terbuat dari logam adalah alasan dirinya terserang kanker. Pick tersebut dia gunakan selama 20 tahun berkarier bersama Van Halen. Dia juga kerap menggigit pick tersebut atau hanya sekadar menaruhnya di mulutnya.
Musisi berusia 64 tahun itu merasa, pick gitar tersebut adalah sumber penyakit kankernya. Di satu sisi, Eddie juga seorang perokok berat.
Eddie dikabarkan didiagnosis kanker sekitar hampir 20 tahun lalu. Awalnya, dia divonis menderita kanker lidah, dan ada beberapa sel kanker yang sempat menjalar ke tenggorokannya. Eddie pun dinyatakan bersih dari kanker pada tahun 2002 setelah dokter mengangkat sepertiga lidahnya.
Eddie Van Halen
Eddie Van Halen Foto: Facebook @eddievanhalen
Terkait kanker tenggorokan yang diidap Eddie, TMZ menuliskan bahwa sang rocker sudah menderita penyakit tersebut sejak lima tahun lalu. Selama itu juga, dia bolak-balik AS-Jerman untuk melakukan pengobatan, khususnya radiasi.
ADVERTISEMENT
Band Van Halen sendiri terakhir kali tampil bersama pada tahun 2015. Belum lama ini, David Lee Roth, vokalis Van Halen, mengatakan bahwa band-nya sudah selesai.
"Aku rasa, Van Halen sudah selesai dan proyek soloku adalah fase selanjutnya. Aku mewarisi fakta band-ku, apa pun artinya. Jika kamu mewarisinya, kau harus membawanya dengan bangga. Van Halen tidak akan kembali dengan cara yang kau tahu," kata Roth saat melakukan wawancara dengan stasiun radio di Detroit, WRIF.
Saat ditanya soal kondisi kesehatan rekannya, Roth menolak untuk menjawab.
"Aku mendengar rumor yang sama dengan yang kau dengar, dan itu bukan tempatku untuk menjawab," tutup Roth.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan