kumparan
31 Agustus 2018 20:39

Episode Lengkap Perjalanan Hijrah Fitri Tropica

Video
Fitri Tropica termasuk dalam deretan selebriti Tanah Air yang memutuskan untuk berhijab dii tahun 2018. Perempuan yang akrab disapa Fitrop itu mulai mengenakan hijab pada Juli lalu. Setelah itu, dia lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.
ADVERTISEMENT
Wanita berumur 30 tahun itu membutuhkan proses yang cukup lama, sebelum akhirnya dia menutup auratnya dengan memakai hijab. Kisahnya itu bisa disaksikan dalam tiga tayangan video yang berisi perbincangan Fitrop dengan kumparan, yang dipandu oleh Ustaz Erick Yusuf.
Saat itu, perempuan kelahiran Bandung, Jawa Barat tersebut sering jatuh sakit, sampai akhirnya dia merasakan kekosongan dan kehilangan tujuan hidup. Kejadian tersebut rupanya berhasil membuat Fitrop menemukan titik balik dalam hidupnya.
Turning point aku pada saat... Dulu aku bisa sakit tifus itu setahun bisa sampai dua kali, tiga kali. Pada saat itu, aku sudah semua kerjaan aku ambil, syuting setiap hari aku ambil, tawaran apa aku ambil, semua aku ambil sampai setahun,” ujar Fitrop.
Ustaz Erick Yusuf dan Fitri Tropica
Ustaz Erick Yusuf dan Fitri Tropica (Foto: Jafrianto/kumparan)
“Ketika aku sendirian, kayak 'Gue (hidup) buat apa sih? Gue ngapain sih?' Kalau ngecek rekening, uangnya ada, jauh lebih banyak dari Rp 150 ribu yang aku dapat dulu. Tapi, enggak ngerasain nikmatnya. Jadi kayak, at the time, I was losing my purpose of life,” sambungnya.
ADVERTISEMENT
Setelah merasa kehilangan tujuan dan merasakan kekosongan dalam hidupnya, Fitrop akhirnya menemukan jawaban atas segala kegundahan yang dia rasakan. Dia mendapat hidayah setelah dia membaca Al Quran dan terjemahannya.
“Sampai akhirnya, ya sudah aku kayak dapat gitu, 'Oh, ternyata Al Quran tuh, kayak manual book, lho, Fit, kemana saja? Ini lho yang ngerasa aku kangenin',” beber Fitrop.
Video
Ternyata, sejak lima tahun lalu, bintang film 'Insya Allah Sah' itu sudah memiliki keinginan untuk mengenakan hijab. Hanya saja, saat akan melaksanakan keinginannya itu, dia memiliki banyak pertimbangan.
“Dari sebelum menikah sudah ada keinginan (berhijab). Setiap ketemu orang tuh selalu, 'Lo yakinin saja dulu, mantepin saja dulu, nanti tiba-tiba buka lagi (hijab) apa',” ucap Fitrop.
ADVERTISEMENT
Saat menunaikan ibadah haji, Fitrop terpikir dengan niatnya untuk mengenakan hijab. Dia pun langsung merasa khawatir bahwa ajal akan menjemputnya sebelum dia menutup auratnya dengan mengenakan hijab.
“'Ya Allah gimana ya, kalau saya tahu harusnya pakai (hijab), tapi saya enggak jalan-jalanin, nanti saya keburu mati. Kayak, ‘Gimana nanti saya kalau ketemu (Allah) malunya kayak apa'," kata Fitrop sambil bercucuran air mata.
Video
Berbeda dengan dulu, sekarang apabila pemain 'Sketsa ABG' itu kehilangan pekerjaan, dia lebih berserah diri dan berpikir bahwa pekerjaan tersebut bukanlah yang terbaik baginya. Sehingga, kebahagiaan yang dulu pernah dia rasakan itu telah kembali.
“Jadi, enggak tahu kenapa, sekarang yang aku jalani itu, pekerjaan-pekerjaan yang, mungkin beberapa nominalnya itu enggak sebanyak waktu dulu gitu. Tapi pada saat ngejalaninnya happy, aku mendapatkan kembali nikmat yang aku rasain nikmat yang Rp 150 ribu itu, aku dapetin lagi,” pungkasnya.
ADVERTISEMENT
Jangan lewatkan story tentang kisah hijrah Fitri Tropica dalam topic Selebriti Hijrah. Saksikan juga kisah hijrah selebriti lainnya, mulai dari Arie Untung dan Fenita, Indah Dewi Pertiwi, Danny 'Java Jive', Elma Theana, hingga Nikita Mirzani.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan