kumparan
11 November 2019 10:37

'Fallin', Bukti 'Steven and Coconut Treez' Tak Menyerah Pada Keadaan

Steveng & Coconut Treez
Salah satu band reggae terbaik Indonesia Steven and Coconut Treez akhirnya merilis karya baru setelah 9 tahun vakum. Mereka merilis single berjudul 'Fallin' yang diluncurkan bertepatan dengan Hari Pahlawan pada 10 November kemarin.
ADVERTISEMENT
"Akhirnya, kita coba lagi untuk berproses membuat karya setelah sembilan tahun vakum," ungkap Steven saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (10/11).
Steven and Coconut Treez vakum pada tahun 2010 setelah terjadi perselisihan internal. Namun seiring berjalannya waktu, mereka memutuskan kembali bersama, tepatnya pada tahun 2017 dengan menggelar penampilan spesial di kawasan SCBD Jakarta.
Setelahnya, Steven and Coconut Treez manggung di beberapa festival besar, seperti Synchronize Fest dan Soundrenaline. Sampai akhirnya mereka merasa sudah saatnya melepas karya baru.
"Lagu ini tuh kita buat di basecamp dan kita merasa, 'Kok enak ya?' Terus direkam dan bagus. Ada nafas baru di single ini yang lain dari sebelumnya," ungkap Steven.
ADVERTISEMENT
Steven sendiri merasa perilisan single 'Fallin' sangat tepat untuk dilakukan di Hari Pahlawan. Sebab, dari segi lirik lagu tersebut bercerita tentang sifat pantang menyerah dan api perjuangan yang baru dari Steven and Coconut Treez.
"Ya, lagu 'Fallin' itu bercerita tentang bagaimana kekeuhnya kami untuk tidak menyerah pada keadaan. Pas kan semangatnya dengan hari pahlawan. Mottonya kita sejalan Allahhuakbar," tuturnya.
Saat ini personel asli Steven and Coconut Treez hanya tinggal empat, yakni Steven, Rivan, Iwan, dan Teguh. Dua personel mereka, A Ray dan Teddy Whardana, telah meninggal dunia.
Steven and Coconut Treez source: instagram/@stevenandcoconuttreez
Sang pemain bas gitar, Rival, mengakui bahwa pembuatan single 'Fallin' cukup berat tanpa Ray dan Tedy. Terlebih lagi, Aci saat ini juga sudah tidak memperkuat Steven and Coconut Treez.
ADVERTISEMENT
"Secara spirit ini semua sungguh berat. Tapi, saya yakin mereka selalu ada di sisi kami dan menginginkan kami untuk terus bergerak, move on," ujar Rival
"Ya, mungkin sekarang kita mungkin enggak bisa ngeband lagi sama mereka. Tapi, kita tetap keluarga dan ikhtiar bahwa apapun yang kita lakukan ini untuk mereka juga," sambungnya.
Single 'Fallin' saat ini sudah tersedia di berbagai platform streaming digital. Video klipnya pun telah rilis dan dapat ditonton secara gratis di Youtube.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan