kumparan
16 Januari 2019 10:05

Film 'Glass' M. Night Shyamalan: Seru dan Menegangkan

Glass Movie Poster
Glass Movie Poster
Sekuel dari film karya M. Night Shyamalan hadir ke bioskop dengan film berjudul ‘Glass’. Film produksi Blumhouse Production itu merupakan cerita terakhir dari dua film sebelumnya, yaitu ‘Unbreakable’ yang dirilis pada 2000 dan ‘Split’ rilis 16 tahun setelahnya.
ADVERTISEMENT
Tokoh-tokoh utama dalam ‘Unbreakable’ dan ‘Split’ berkumpul di film ‘Glass’. Bruce Willis yang berperan sebagai David Dunn akan kembali bertemu dengan Elijah Price atau Mr. Glass (Samuel L. Jackson) dari ‘Unbreakable’ dan Kevin Wendell Crumb (James McAvoy) dari ‘Split’.
Sedikit mengulas, di ‘Unbreakble’, Price adalah seorang pria dengan kebutuhan khusus yang terobsesi pada buku komik. Selain itu, dia juga memercayai bahwa ada manusia yang memiliki kekuatan seperti superhero. Kemudian Crumb, dia adalah pria yang memiliki 24 kepribadian, salah satunya adalah The Beast.
Sedangkan Dunn, dia adalah orang yang berulang kali telah selamat dari kecelakaan maut.
Film dibuka dengan Patricia, salah satu kepribadian Crumb yang sedang berbicara dengan empat orang cheerleader yang diculik dan akan dijadikan sebagai santapan bagi The Beast. Mereka disekap dalam sebuah gedung kosong. Beberapa kepribadian Crumb yang lain pun sempat menunjukkan diri di depan mereka.
ADVERTISEMENT
Dunn, sosok yang suka melindungi warga Philadelphia, berupaya untuk segera menemukan keempat cheerleader itu. Setelah berhasil menemukan mereka, Dunn bertemu dengan The Beast. Di gedung tersebut, mereka bertarung dengan sengit.
Namun, pertarungan mereka berakhir dengan penangkapan oleh polisi. Dunn dan Crumb ditahan di Rumah Sakit Raven Hill Memorial Psychiatric Research di bawah penanganan Dr. Ellie Staple (Sarah Paulson). Dia adalah seorang psikiater spesialis untuk kasus-kasus delusi ekstrem, salah satunya adalah orang yang merasa bahwa dirinya adalah karakter di komik.
Di Raven Hill, Elijah Price juga dirawat di sana selama 16 tahun terakhir. Dia pun ditangani oleh psikiater yang sama dengan Dunn dan Crumb. Cerita semakin menarik setelah ketiganya bertemu di rumah sakit tersebut. Berbagai fakta mengenai mereka bertiga kemudian terungkap satu per satu.
ADVERTISEMENT
Sejak awal film diputar, ketegangan sudah dimulai. Selain membuat penonton tegang, penonton juga akan dibuat tertawa melihat tingkah laku dari beberapa kepribadian Kevin.
Akting dari James McAvoy memerankan karakter yang memiliki 24 kepribadian, lagi-lagi berhasil membuat penonton terpukau. Ketika kepribadian yang ada di dalam dirinya berganti dengan cepat, dia mampu membawakannya dengan apik.
Mulai dari Patricia si wanita yang berkedudukan tinggi atas beberapa kepribadian lain, Hedwig, bocah berumur 9 tahun, hingga The Beast, sosok yang memiliki kekuatan super. Seolah-olah, 24 karakter tersebut memang ada di dalam McAvoy.
Bruce Willis dan Samuel L. Jackson juga menunjukkan akting yang tak kalah memukau dari Avoy. Willis harus menjadi seorang ayah yang mencintai anaknya sekaligus sosok The Overseer, pahlawan yang melindungi warga Philadelphia.
ADVERTISEMENT
Sedangkan Jackson, dia harus memerankan sosok Mr. Glass yang memiliki pemikiran yang brilian, namun terperangkap dalam kursi roda dan pengaruh bius yang kuat karena kondisi tubuhnya yang mengalami kecacatan.
Ketiga film tersebut berkaitan antara satu sama lain. Apabila belum menonton film sebelumnya, penonton akan dibuat bertanya-tanya mulai dari tokoh yang ada di dalam film hingga jalan ceritanya. Penonton pun harus fokus dan ikut berpikir ketika menonton.
Walau begitu, apa yang membuat penonton merasa bingung akan terjawab, karena secara tidak langsung, mereka akan memberikan penjelasan. Sebelum menyaksikan ‘Glass’, sebaiknya menonton dua film sebelumnya, yakni ‘Unbreakable’ dan ‘Split’.
Selama 128 menit menyaksikan film tersebut, penonton tidak akan dibuat merasa bosan. Selain itu, Shyamalan pun menyajikan plot twist di dalam ceritanya. Film ‘Glass’ akan tayang di bioskop Tanah Air pada 16 Januari mendatang.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan