kumparan
31 Agustus 2018 17:01

Fitri Tropica Dapat Hidayah Setelah Baca Al Quran dan Terjemahannya

Video
Setelah Fitri Tropica merasa kehilangan tujuan dan merasakan kekosongan dalam hidupnya, perempuan yang akrab disapa Fitrop itu akhirnya menemukan jawaban atas segala kegundahan yang dia rasakan.
ADVERTISEMENT
Perempuan kelahiran Bandung, Jawa Barat itu mendapat hidayah setelah dia membaca Al Quran dan terjemahannya. Fitrop mengungkapkan hal tersebut ketika berbincang dengan kumparan dalam sesi Selebriti Hijrah yang dipandu oleh Ustaz Erick Yusuf.
Tak hanya membaca terjemahan dari kitab suci umat Islam itu saja, pemeran sitkom ‘Extravaganza ABG’ ini juga mengkaji lebih dalam tentang Al Quran. Dia membaca ‘Asbabun Nuzul’ atau sebab-sebab turunnya ayat Al Quran.
“Karena kalau cuma cari yang ada terjemahannya, aku enggak sepenuhnya paham. Karena bahasanya kan memang tidak bisa kita tafsirkan sendiri. Itu memang butuh ada ilmunya,” tutur Fitrop.
Fitri Tropica
Fitri Tropica (Foto: Jafrianto/kumparan)
Sesudah membaca itu semua, istri dari Irvan Hanafi itu mendapat jawaban dari apa yang selama ini dia cari. “Sampai akhirnya, ya sudah aku kayak dapat gitu, 'Oh, ternyata Al Quran tuh, kayak manual book, lho. Fit, kemana saja? Ini lho yang ngerasa aku kangenin',” beber Fitrop.
ADVERTISEMENT
Perempuan berumur 30 tahun tersebut mengibaratkan Al Quran itu seperti sebuah gadget yang terdapat buku di dalamnya, yang berfungsi untuk memberi petunjuk.
“Jadi, kayak handphone tuh diciptain, ada manual book-nya, sama ada prototype-nya, itu untuk apa? Jadi, supaya handphone itu pada saat dia dinyalain, pada semasa hidup handphone itu tuh, ada do's and don't-nya, boleh untuk apa, jangannya apa, supaya apa? Handphone ini punya fungsi maksimal selama dia masih berfungsi,” katanya.
Fitri Tropica
Fitri Tropica (Foto: Jafrianto/kumparan)
Masalah yang selama ini Fitrop rasakan, ternyata dia tidak mengikuti petunjuk yang tertera dalam Al Quran. Hingga akhirnya memutuskan untuk berhijab, dia mengaku telah mengkaji kitab suci umat Islam itu sudah sejak enam tahun lalu.
“Aku ngerasa, ya ampun, selama ini pantesan kayak ada sesuatu di dalam aku yang kayak… Ada yang broken, ada yang kosong, karena aku enggak melakukan the do's and don't-nya. Jadi, fungsinya tuh enggak... selama aku hidup aku enggak maksimal,” pungkas Fitrop.
ADVERTISEMENT
Meski Fitri Tropica baru mengenakan hijab pada Juli lalu, dia mengaku kalau keinginannya untuk menutup mahkota kepalanya tersebut sudah ada sejak lima tahun yang lalu. Kisahnya itu akan dibahas dalam story selanjutnya, dalam topik Selebriti Hijrah.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan