kumparan
22 Februari 2019 20:47

Gading Marten, Peraih Piala Citra yang Pernah Jadi Bintang Iklan Cilik

Throwback Gading Marten
Throwback Gading Marten Foto: Munady Widjaja, Instagram @gadiiing
Gading Marten merupakan salah satu aktor yang telah berkecimpung di industri perfilman Tanah Air sejak lebih dari 10 tahun lalu. Ya, lelaki berusia 36 tahun tersebut juga dikenal sebagai putra pemain film senior Roy Marten.
ADVERTISEMENT
Mengilas balik, jauh sebelum ia mulai mengikuti jejak ayahnya di kancah akting, Gading yang masih kanak-kanak rupanya pernah menjadi bintang iklan produk minuman. Itu diketahui dari salah satu unggahan Instagram mantan suami Gisella Anastasia tersebut.
Dalam unggahan itu, Gading tampak memegang minuman kemasan sambil tersenyum. Di sebelahnya, Aline Marten, sang kakak, dan Anna Maria Sofyana, ibu tirinya, memperlihatkan pose yang tak jauh berbeda.
Meski pernah bersinggungan dengan dunia hiburan saat masih kecil, Gading tak langsung mengikuti jejak sang ayah. Ayah satu anak itu justru menekuni olahraga sepak bola. Ia menjadi salah seorang pesepakbola yang bermain di klub Persitara (Persatuan Sepak bola Indonesia Jakarta Utara).
Pada akhirnya, Gading Marten terjun ke dunia akting dan merintis karier di sana. Kiprahnya bermula dari sejumlah sinetron yang tayang pada awal 2000-an. Sebut saja ‘Kisah Sedih di Hari Minggu’, ‘Liontin 2’, ‘ABG’, ‘Luv’, hingga ‘Si Cantik dan Si Buruk Rupa’.
ADVERTISEMENT
Sinetron menjadi batu pijakannya untuk melebarkan sayapnya ke film layar lebar. ‘Love’ yang tayang pada 14 Februari 2008 menjadi debutnya sebagai pemain film.
Gading Marten di Film 'Love'
Gading Marten di Film 'Love' Foto: YouTube anang setiyawan
Dalam film yang disutradarai oleh Kabir Bhatia tersebut, Gading berperan sebagai Arif. Ia beradu akting dengan Widyawati dan almarhum Sophan Sophiaan.
Setelahnya, karier Gading sebagai pemain film layar lebar berkelanjutan. Ia membintangi sejumlah film, yakni ‘Wakil Rakyat’ (2009), ‘Anak Setan’ (2009), ‘London Virginia’ (2010), ‘Laskar Pemimpi’ (2010), ‘Get Married 3’ (2011).
Gading Marten di Film 'Hangout'
Gading Marten di Film 'Hangout' Foto: YouTube Raditya Dika
Tak sampai di situ, Gading Marten berperan pula dalam ‘Test Pack’ (2012), ‘Cinta di Saku Celana’ (2012), ‘Sampai Ujung Dunia’ (2012), ‘Kakak’ (2015), ‘Me vs Mami’ (2016), ‘Hangout’ (2016), dan ‘Mau Jadi Apa?’ (2017).
ADVERTISEMENT
Ia pernah beradu akting dengan mantan istrinya, Gisel, dalam film ‘Susah Sinyal’. Dalam film garapan Ernest Prakasa itu, mereka berperan sebagai pasangan suami-istri yang sedang menjalani proses perceraian.
Gading Marten dan Gise di Film 'Susah Sinyal'
Gading Marten dan Gisel di Film 'Susah Sinyal' Foto: YouTube StarvisionPlus
Gading akhirnya mampu lepas dari bayang-bayang sang ayah melalui aktingnya dalam film ‘Love For Sale’ (2018). Ya, lelaki kelahiran 8 Mei 1982 tersebut dianugerahi Piala Citra sebagai ‘Pemeran Utama Pria Terbaik’ dalam Festival Film Indonesia (FFI) 2018 berkat perannya sebagai Richard dalam film itu.
‘Love For Sale’ menjadi film pertama yang dibintangi Gading sebagai pemeran utama. Ia beradu akting dengan pendatang baru Della Dartyan dalam film yang diproduseri oleh Chicco Jerikho tersebut.
Gading Marten di Film 'Love For Sale'
Gading Marten di Film 'Love For Sale' Foto: YouTube Visinema Pictures
Terbaru, Gading Marten turut berperan dalam ‘Laundry Show’. Film yang dirilis pada 7 Februari lalu itu dibintangi pula oleh Gisel dan Boy William.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan