kumparan
9 Agustus 2019 22:15

Gala Premiere ‘Bumi Manusia’ dan ‘Perburuan’ Bertabur Bintang

Gala Premiere ‘Bumi Manusia’ dan ‘Perburuan’ Bertabur Bintang
Para pemain film ‘Bumi Manusia’ dan ‘Perburuan’ di Surabaya Town Square, Jawa Timur, Jumat (9/8). Foto: Dok. Falcon Pictures
Dua film produksi Falcon Pictures yang diadaptasi dari novel karya Pramoedya Ananta Toer, yakni ‘Bumi Manusia’ dan ‘Perburuan’, akan dirilis pada 15 Agustus mendatang. Menjelang penayangannya, digelar gala premiere kedua film tersebut di Surabaya Town Square (Sutos), Jawa Timur, Jumat (9/8).
ADVERTISEMENT
Gala premiere dibuka dengan gelaran pawai pada siang hari dari para pemain ‘Bumi Manusia’ dan ‘Perburuan’, hingga aktor-aktris lain yang membintangi film-film Falcon Pictures. Mereka menumpangi mobil jeep terbuka dan mengitari area mal.
Warga Surabaya dan sekitarnya yang didominasi remaja putri berkerumun di area depan mal. Penuh antusias, mereka bersorak-sorai menyambut para pemain ‘Bumi Manusia’ dan ‘Perburuan’ serta aktor lainnya.
Gala Premiere ‘Bumi Manusia’ dan ‘Perburuan’ Bertabur Bintang
Para pemain film ‘Bumi Manusia’ di Surabaya Town Square, Jawa Timur, Jumat (9/8). Foto: Dok. Falcon Pictures
‘Perburuan’ kemudian diputar untuk pertama kalinya. Selain para pemain, awak media juga berkesempatan untuk menyaksikannya.
Pada malam hari, para pemain kedua film tersebut, juga aktor-aktris yang terlibat di ‘Warkop DKI Reborn 3’ serta ‘Dilan’, tampil di red carpet. Masyarakat—masih didominasi remaja putri—kembali memadati area Sutos dan meramaikan acara dengan gegap gempita.
ADVERTISEMENT
Indro ‘Warkop’, Randy Danistha, hingga Aliando Syarief menjadi yang pertama melintasi red carpet. Mereka mewakili film ‘Warkop DKI 3’.
“Kami dari ‘Warkop DKI Reborn’ yang memang satu PH, bermaksud mendukung ‘Perburuan’ dan ‘Bumi Manusia’. Kebetulan, salah satu pemain kami adalah dari ‘Warkop DKI Reborn 3’, Kasino, Adipati Dolken,” ujar Indro pada momen tersebut.
Gala Premiere ‘Bumi Manusia’ dan ‘Perburuan’ Bertabur Bintang
Sutradara dan pemain film ‘Dilan’ di Surabaya Town Square, Jawa Timur, Jumat (9/8). Foto: Regina Kunthi Rosary/kumparan
Keluarga besar ‘Dilan’ kemudian melintas di red carpet. Tampak Fajar Bustomi selaku sutradara melangkah bersama sejumlah pemain, yakni Zulfa Maharani, Yoriko Angeline, serta Gusti Rayhan.
Giliran sejumlah pemain ‘Perburuan’ yang lalu melintasi red carpet. Beberapa di antaranya, yakni Michael Kho, Khiva Iskak, serta Egi Fedly.
Setelahnya, Frederica selaku produser bersama sutradara ‘Bumi Manusia’ Hanung Bramantyo, dan sutradara ‘Perburuan’ Richard Oh melintas bersama. Disusul Adipati Dolken dan Ayushita sebagai pemeran utama ‘Perburuan’.
Gala Premiere ‘Bumi Manusia’ dan ‘Perburuan’ Bertabur Bintang
Para pemain film ‘Bumi Manusia’ di Surabaya Town Square, Jawa Timur, Jumat (9/8). Foto: Regina Kunthi Rosary/kumparan
Para pemain ‘Bumi Manusia’ tampil di penghujung red carpet. Jeritan histeris para penggemar berkumandang ketika Iqbaal Ramadhan sebagai pemeran utama melangkah.
ADVERTISEMENT
“Yang jelas, saya bersyukur hari ini ada di sini sama teman-teman, adik-adik, kakak-kakak, guru, semua. Juga warga Surabaya yang saya cintai. Hari ini kita merayakan dua masterpiece dari Pak Pramoedya Ananta Toer. Ini di luar dugaan karena pada masa saya sekolah, saya baca sembunyi-sembunyi karena buku tersebut dilarang beredar,” tutur Hanung pada momen tersebut.
Gala Premiere ‘Bumi Manusia’ dan ‘Perburuan’ Bertabur Bintang
Iqbaal Ramadhan dan pemain ‘Bumi Manusia’ lain di Surabaya Town Square, Jawa Timur, Jumat (9/8). Foto: Dok. Falcon Pictures
“Saya mengucapkan terima kasih buat waktu dan pikirannya buat hari ini. Semoga lewat film ‘Bumi Manusia‘, bisa menjembatani karya legendaris Eyang Pramoedya Ananta Toer. Dan teman-teman supaya lebih mencintai Indonesia, mencintai Eyang Pramoedya Ananta Toer,” ucap Iqbaal setelahnya.
Gala Premiere ‘Bumi Manusia’ dan ‘Perburuan’ Bertabur Bintang
Iwan Fals dan Once Mekel di Surabaya Town Square, Jawa Timur, Jumat (9/8). Foto: Regina Kunthi Rosary/kumparan
Iwan Fals kemudian tampil membawakan lagu ‘Ibu’. Setelahnya, ia bersama Once menyanyikan ‘Ibu Pertiwi’ yang merupakan soundtrack ‘Bumi Manusia’. Barulah kemudian film ‘Bumi Manusia’ diputar untuk pertama kalinya melalui gala premiere.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan