kumparan
Entertainment4 Januari 2020 17:33

Hatsune Miku, Cewek 'Perangkat Lunak' yang Akan Main di Coachella 2020

Konten Redaksi kumparan
image.png
Action figure Hatsune Miku. Dok: Flickr
Coachella 2020 akan kembali digelar. Tahun ini, festival musik yang diadakan di California, Amerika Serikat, selama dua pekan itu akan diadakan pada 10, 11, dan 12 April 2020, serta 17, 18, dan 19 April 2020.
ADVERTISEMENT
Dalam daftar lineup, terlihat dua musisi asal Indonesia, Rich Brian dan NIKI, akan tampil di hari Jumat antara 10 dan 17 April 2020. Nama-nama lain dalam tanggal tersebut ada Rage Against the Machine, Calvin Harris, Rex Orange County, Megan Thee Stallion, BIGBANG, hingga King Gizzard.
image.png
Poster Coachella 2020. Dok: Instagram @nikizefanya
Ada satu nama yang cukup menarik perhatian dari daftar tersebut, yakni Hatsune Miku. Buat kamu yang belum tahu, Hatsune Miku bukanlah penyanyi cewek asal Jepang, melainkan sebuah produk perangkat lunak. Eh, gimana?
Mau tahu apa, sih, sebenarnya, Hatsune Miku itu? Berikut fakta-faktanya.
  1. Hatsune Miku adalah perangkat lunak bersuara wanita
Hatsune Miku
Hatsune Miku Foto: Youtube.com/HatsuneMiku
Hatsune Miku adalah sebuah produk perangkat lunak (Vocaloid) yang dirilis oleh Crypton Future Media. Perangkat ini menghasilkan nyanyian dengan suara perempuan.
ADVERTISEMENT
Dalam gambar, Hatsune Miku tampil sebagai cewek imut dengan rambut biru muda atau turqoise panjang yang dikuncir dua. Sosok ini berumur 16 tahun, memiliki tinggi 158 sentimeter, dan berat 42 kilogram.
Hatsune Miku sendiri adalah Vocaloid generasi ke-2 yang paling populer di dunia.
  1. Arti nama Hatsune Miku berhubungan dengan masa depan teknologi
Hatsune Miku punya arti yang spesial terkait masa depan. Dalam bahasa Jepang, 'hatsu' atau 初 artinya adalah 'yang pertama, 'ne' atau 音 berarti 'suara', dan 'miku' atau ミク yang berarti 'suara'. Jika digabung, Hatsune Miki berarti 'Suara Pertama dari Masa Depan'.
Arti tersebut sesuai dengan keberadaan Hatsune Miku yang juga bukti nyata kemajuan teknologi saat ini. Di masa depan, bisa jadi kehadiran sosok Vocaloid seperti Hatsune Miku semakin banyak, mengingat saat ini ada beberapa Vocaloid lainnya seperti Hatsune Miku, yakni Kagamine Rin/Len, Prima, Gackpoid, Megurine Luka, Megpoid, dan masih banyak lagi.
ADVERTISEMENT
  1. Suara Hatsune Miku diisi oleh Saki Fujita
Video
Suara Hatsune Miku diisi cewek asal Jepang bernama Saki Fujita. Dia adalah pengisi suara sekaligus narator berumur 35 tahun asal Tokyo.
Sepanjang kariernya, Fujita pernah menyanyikan ending theme dari anime 'Tokimeki Memorial Only Love', yakni 'Kiseki no Kakera' bersama Yuki Makishima dan Yukako Yoshikawa.
Dia juga dikenal sebagai pengisi suara Ymir di 'Attack on Titan'.
  1. Hatsune Miku tenar di industri musik Jepang dan media sosial
image.png
Hatsune Miku. Dok: Facebook @HatsuneMikuOfficialPage
Hatsune Miku sangat tenar di dunia musik Jepang. Menurut laporan Crypton Future Media, pada Agustus 2010, ada sekitar 200 ribu lagu yang ditulis untuk Hatsune Miku.
Pada 2011, dilaporkan ada 100 ribu lagu yang mengatasnamakan Hatsune Miku. Lalu, pada 2013, suara Hatsune Miku telah digunakan untuk mengisi sekitar 100 ribu lagu.
ADVERTISEMENT
Pada 2010, album kompilasi Vocaloid yang berjudul 'Exit Tunes Presents Vocalogenesis Featuring Hatsune Miku' rilis di Jepang. Album tersebut menduduki posisi puncak di Japanese Weekly Oricon Album Charts, menjadikannya sebagai album Vocaloid pertama yang menduduki posisi satu daftar tersebut.
Di media sosial, Hatsune Miku juga cukup sering dibicarakan. Baru-baru ini, saat namanya muncul dalam daftar lineup Coachella 2020, Hatsune Miku menjadi trending di Twitter.
Akun Facebook resmi Hatsune Miku memiliki lebih 2,3 juta followers. Akun Twitter-nya memiliki lebih dari 130 ribu followers. Instagram-nya memiliki hampir 25 ribu followers, sedangkan akun YouTube-nya memiliki lebih 867 ribu followers.
Sejak Hatsune Miku bergabung dengan YouTube pada 30 September 2007 saja, hingga kini, akunnya sudah didengarkan sebanyak lebih 96 juta kali.
ADVERTISEMENT
  1. Hatsune Miku adakan tur Eropa di 2020
image.png
Hatsune Miko gelar tur Eropa di 2020. Facebook @HatsuneMikuOfficialPage
Meski perangkat lunak, Hatsune Miku juga kerap tampil secara live, lho, dalam bentuk hologram. Tahun ini, Hatsune Miku menggelar tur Eropa yang bertajuk 'Miku Expo'.
'Miku Expo' akan menyambangi lima kota besar di Eropa, yakni London, Inggris, pada 11 Januari, Paris, Prancis pada 16 Januari, Berlin, Jerman, pada 20 Januari, Amsterdam, Belanda, pada 24 Januari, dan Barcelona, Spanyol, pada 28 Januari.
Percaya apa enggak, konser yang digelar Hatsune Miku selalu ramai akan penggemar. Cek saja video-videonya di YouTube.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan