kumparan
20 Februari 2017 7:24

Impian Hanung Bramantyo Bikin Film 'Bumi Manusia' Belum Bisa Terwujud

Hanung Bramantyo
Hanung Bramantyo. (Foto: Instagram @hanungbramantyo)
Berawal dari kegemarannya akan karya-karya dari mendiang Pramoedya Ananta Toer, sutradara ternama, Hanung Bramantyo memiliki sebuah mimpi untuk mengangkat buku berjudul 'Bumi Manusia' karya Pramoedya ke layar lebar. 
ADVERTISEMENT
"Masih kepengin, tapi belum pasti," ungkap Hanung saat ditemui di Galeri Indonesia Kaya, kawasan Thamrin, Jakarta Pusat. 
"Namanya juga nge-fans sama Pram kan. Jadi pengin aja bikin film itu," lanjutnya. 
'Bumi Manusia' merupakan buku Pramoedya yang pertama kali diterbitkan Hasta Mitra pada tahun 1980. Buku tersebut ditulis pria kelahiran Blora, Jawa Tengah, 6 Februari 1925 ini saat masih berada di Pulau Buru, Maluku. 
Keinginan Hanung tersebut sebenarnya sudah terlihat sejak ia memposting sebuah foto di akun Instagramnya tepat pada tanggal 6 Februari lalu. Tanggal yang merupakan hari kelahiran Pramoedya. 
Foto yang menampilkan buku berjudul 'Bumi Manusia' itu rupanya memiliki kenangan tersendiri untuk Hanung. Buku tersebut merupakan pemberian Hanung untuk sang istri tercinta, Zaskia Adya Mecca pada masa ta'aruf dulu. 
ADVERTISEMENT
Sayang, mimpi Hanung untuk segera mengadaptasi novel menjadi sebuah film tampaknya belum dapat terwujud dalam waktu dekat. 
"Belum tahu juga mau dibikin kapan. Doain aja," ujarnya. 
Sementara itu, sutradara berusia 41 tahun ini tengah fokus menyelesaikan produksi film 'Kartini' yang rencananya akan tayang pada April mendatang. 
"Kita lagi post production dan lagi ngisi untuk musiknya. Rilisnya sih 20 April, pokoknya kita mau tepat dengan kelahiran beliau (Kartini)," ungkapnya tersenyum.
Bahkan kata Hanung setelah sebelumnya sudah merilis trailer 'Kartini', ia akan kembali merilis trailer selanjutnya. 
"Kita ada tiga trailer. Jadi post production terus langsung tayang di April," tutupnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan