Entertainment
·
8 April 2020 17:19

Iwan Fals dan Ubay Nidji Daur Ulang Lagu Aji Mumpung Karya Guruh Soekarnoputra

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Iwan Fals dan Ubay Nidji Daur Ulang Lagu Aji Mumpung Karya Guruh Soekarnoputra (857690)
searchPerbesar
Iwan Fals dan Ubay 'Nidji'. Foto: Dok. Musica Studio's
Akhir Februari lalu, Iwan Fals berkolaborasi dengan Ubay Nidji merilis lagu Aji Mumpung. Bukan lagu baru, Aji Mumpung adalah sebuah karya ciptaan Guruh Soekarnoputra yang dahulu sempat dipopulerkan oleh Vina Panduwinata.
ADVERTISEMENT
Iwan Fals menceritakan seperti apa proses awal mula proyek daur ulang lagu Aji Mumpung. Ternyata, ia sempat merasa bingung dan kurang yakin.
"Awalnya, Cikal (anak kedua Iwan Fals) kasih tahu saya, ada lagu Mas Guruh yang diminta untuk dinyanyikan kembali dan sudah diaransemen ulang sama Oni. Ya, saya, sih, support saja. Tapi, sempat kayak, 'Eh, ini lagu sudah lama sekali, ya, sudah 36 tahun. Kok, disodorkan ke saya sekarang?'. Gitu," kata Iwan ketika saat menggelar video conference dengan awak media, Rabu (8/4).
Iwan Fals dan Ubay Nidji Daur Ulang Lagu Aji Mumpung Karya Guruh Soekarnoputra (857691)
searchPerbesar
Iwan Fals dan Ubay 'Nidji'. Foto: Dok. Musica Studio's
Setelah membaca liriknya, baru Iwan Fals sadar bahwa lagu Aji Mumpung punya makna yang sangat relevan dengan kondisi sekarang. Hal itu pun membuatnya semakin tertarik untuk terlibat di proyek tersebut.
ADVERTISEMENT
"Ya, saya lihat kan dari berita di televisi, kok, rasanya sama, ya, cerita di lagu ini dengan kehidupan di masa sekarang? Ada kegelisahan, sekarang enggak ada lagi orang jujur, yang ada orang mujur. Hal itu kita semua bisa rasakanlah," ujarnya.
Ketika lagunya rilis, banyak OI, sebutan untuk fans Iwan Fals, yang merasa kagum. Kebanyakan, fans senang karena Iwan kembali menyanyikan lagu dengan lirik yang kritis dan penuh nilai moral.
Iwan Fals dan Ubay Nidji Daur Ulang Lagu Aji Mumpung Karya Guruh Soekarnoputra (857692)
searchPerbesar
Aksi Panggung Iwan Fals di Synchronize Fest 2019 di Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (5/10/2019). Foto: Instagram @synchronizefest
"Kalau saya, sih, ya, berterima kasih kalau ada anggapan seperti itu. Ya, uniknya, lagu ini menggambarkan cerita dari 36 tahun lalu. Tapi, cerita seperti ini 'kan memang selalu berulang. Dari zaman Nabi, Mahabharata, hingga sekarang juga, selalu terulang kisah Aji Mumpung ini," ungkap Iwan Fals.
ADVERTISEMENT
Di sisi lain, Ubay Nidji mendapat kehormatan besar berkolaborasi dengan musisi legendaris, Iwan Fals. Apalagi, ia baru satu tahun menggantikan Giring di band yang berdiri pada 2002 itu.
Iwan Fals dan Ubay Nidji Daur Ulang Lagu Aji Mumpung Karya Guruh Soekarnoputra (857693)
searchPerbesar
Ubay Nidji saat ditemui di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan. Foto: Sarah Yulianti Purnama/kumparan
Ubay mengaku taka menyangka bisa mendapat kesempatan berduet dengan Iwan Fals. Sebab, awalnya ia hanya diminta Ariel, gitaris Nidji sekaligus co-producer lagu Aji Mumpung, untuk membantu mengisi vokal.
"Terus, kok, Bu Acin menguhubungi saya. 'Ya, sudah, kamu kolaborasi aja sama Mas Iwan'. Mendengar itu, ya, saya senang banget. Ini 'kan, kesempatan yang luar biasa," ujar Ubay.
"Tapi, enggak bisa dipungkiri, pasti deg-degan. Tapi, enggak tahu, ya, Om Iwan enak banget ngasih arahannya dan saya jadi gampang untuk nge-blend," sambungnya.
Iwan Fals dan Ubay Nidji Daur Ulang Lagu Aji Mumpung Karya Guruh Soekarnoputra (857694)
searchPerbesar
Guruh Soekarno Putra. Foto: Munady
Sebagai pencipta lagu, Guruh Soekarnoputra merasa bangga mendengar Aji Mumpung versi Iwan Fals dan Ubay Nidji. Ia menganggap, kolaborasi keduanya bisa menjadi angin segar baru di industri musik Indonesia.
ADVERTISEMENT
"Kalau saya, sih, senang-senang aja lagu ini dinyanyikan oleh Iwan Fals dan Ubay. Versinya juga berbeda dari yang dulu, dan saya merasa di sini ada penyempurnaan," ucapnya.
Saat ini, lagu Aji Mumpung sudah bisa didengarkan di berbagai digital streaming platform. Suara serak khas Iwan Fals berpadu dengan lengkingan vokal Ubay terasa sangat indah dan bisa membuat kalian jatuh hati pada versi baru lagu Aji Mumpung.
Selain itu, sudah ada pula video lirik Aji Mumpung di YouTube. Saat ini, video lirik itu sudah ditonton oleh lebih dari satu juta pengguna YouTube.