kumparan
8 April 2019 16:59

Jalani Terapi Akupuntur, Fahmi Bo Mulai Pulih dari Penyakit Stroke

Fahmi Bo di kawasan Kapten Tendean. Foto: Sarah Yulianti Purnama/kumparan
Aktor Fahmi Bo pernah mengidap penyakit stroke pada Agustus 2018. Pemicunya adalah Fahmi memiliki tekanan darah, gula, dan kolestrol yang tinggi. Selain itu, ia juga mengalami sedikit stres.
ADVERTISEMENT
Kini, kondisi dari pemeran sinetron ‘Lupus Milenia’ itu sudah mulai membaik. Bagian tangan dan mukanya sudah kembali seperti sedia kala. Ia pun terlihat lebih segar dan bugar.
“Alhamdulillah sudah mulai sehat, sudah normal muka. Yang dirasain sekarang, tinggal kaki saja yang masih belum kuat banget,” ujar Fahmi saat ditemui di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Senin (8/4).
Setelah rutin mengkonsumsi obat-obatan yang sesuai dengan resep dokter, sekarang ia rutin melakukan pengobatan tra2disional, yakni dengan akupuntur jarum.
“Seminggu atau dua minggu sekali akupuntur jarum. Dokter juga bilang, ‘Ya silahkan saja kalau mau (pengobatan) tradisional, enggak apa-apa. Yang penting saya sudah sembuhin mukanya’,” ucap Fahmi Bo.
Akupuntur jarum tersebut dilakukan pada bagian kaki. “Kaki memang harus diakupuntur, karena dia bilang sih ada darah yang membeku gitu kan, jadi enggak lancar, ada urat-urat yang kakulah. Jadi, perlu ditusuk agar terus bergerak,” katanya.
ADVERTISEMENT
Pria berumur 46 tahun ini akan terus melakukan akupuntur jarum selama rasa sakit di kakinya masih terasa.
Fahmi Bo. Foto: Aria Pradana/kumparan
Selain kondisi tubuhnya yang sudah mulai membaik, pria bertubuh tambun ini mengalami penurunan berat badan. Semula, bobot tubuhnya 180 kg dan sekarang menjadi 171 kg
“Ya, itu karena pola makan diubah, diatur gitu. Jadi, enggak sembarang kayak kemarin gitu. Jadi, alhamdulillah ada efeknya. Orang bilang sih saya kurusan, tapi saya biasa aja,” tutur Fahmi.
Lantas, pantangan apa saja yang dilakukan oleh pemain sitkom 'Tukang Ojek Pengkolan' ini?
“Enggak bisa makan yang santan, berlemak, gula terutama. Itu harus dikurangi atau dihilangkan. Ya, sedikit-sedikitlah pantangan itu saya jalani,” pungkas Fahmi Bo.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan