Entertainment29 Januari 2018 17:22

James vs Dave Franco, Siapa yang Lebih Kamu Suka?

Konten Redaksi kumparan
James vs Dave Franco, Siapa yang Lebih Kamu Suka? (1131909)
James Franco dan Dave Franco. (Foto: Reuters/Lucy Nicholson)
James Franco dan Dave Franco adalah salah satu contoh sepasang saudara yang sukses merintis karier di dunia perfilman Hollywood.
ADVERTISEMENT
Sepanjang karier mereka, James dan Dave tidak pernah berada di satu proyek yang sama, hingga kemudian keduanya berperan sebagai pemeran utama di film 'The Disaster Artist' yang menang Golden Globe beberapa waktu lalu.
Dalam berakting, masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
James Franco
James vs Dave Franco, Siapa yang Lebih Kamu Suka? (1131910)
James Franco. (Foto: Reuters/Mario Anzuoni)
James Edward Franco lahir di California, Amerika Serikat pada tanggal 19 April 1978. Dia merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Adik-adiknya adalah Tom dan Dave Franco.
Pria berusia 39 tahun itu hanya kuliah selama satu tahun di University of California sebelum memutuskan untuk drop out. Dia lebih ingin mengejar impiannya sebagai aktor. Maka dari itu, dia mengikuti kelas akting dengan aktor Robert Carnegie.
James mendapatkan tempat pertamanya di layar lebar saat membintangi 'Never Been Kissed' yang rilis tahun 1999. James masih berusia 21 tahun saat dia membintangi film tersebut sebagai Jason Way.
ADVERTISEMENT
Namanya mulai dikenal di kancah perfilman Hollywood saat dia mendapatkan peran dalam film 'Spider-Man' (2002). Dia membintangi film tersebut bersama Tobey Maguire sebagai Spider-Man alias Peter Parker, Kirsten Dunst sebagai Mary Jane Watson, dan Willem Dafoe sebagai Norman Osborn.
Dia melanjutkan perannya sebagai Harry Osborn dengan kembali bermain untuk film 'Spider-Man 2' dan 'Spider-Man 3'.
James vs Dave Franco, Siapa yang Lebih Kamu Suka? (1131911)
James Franco di film Spider-Man. (Foto: dok. IMDb)
James menuai kesuksesannya saat membintangi film '127 Hours'. Film drama thriller tersebut diangkat dari kisah nyata.
'127 Hours' bercerita tentang seorang pendaki bernama Aaron Ralston yang terjebak di Blue John Canyon, Utah, pada tahun 2003 silam. Berkat film yang disutradarai oleh Danny Boyle tersebut, James mendapatkan nominasi di banyak ajang penghargaan.
Selain menjadi aktor, James juga sering merangkap pekerjaan sebagai sutradara, penulis skenario, hingga produser. Film 'The Ape' (2005), 'The Broken Tower' (2011), dan 'The Interview' (2014) adalah beberapa contoh saat James tidak hanya bertugas sebagai aktor.
ADVERTISEMENT
Video
Mari kita lihat prestasi James dari sisi penghargaan yang pernah dia terima. Sejak menjadi aktor dari tahun 1999, pria yang pernah diisukan dekat dengan Lana Del Rey ini belum pernah membawa pulang satu pun piala Academy Awards.
James hanya pernah dinominasikan sebagai Best Actor dalam film '127 Hours' tahun 2011 silam. Piala tersebut jatuh ke tangan Colin Firth atas film 'The King's Speech'.
Namun demikian, James pernah membawa pulang dua trofi Golden Globe Awards. Nominasi yang dia menangkan adalah Best Actor untuk film 'James Dean' dan 'The Disaster Artist'.
Dave Franco
James vs Dave Franco, Siapa yang Lebih Kamu Suka? (1131912)
Dave Franco. (Foto: Reuters/Monica Almeida)
Dave Franco lahir tujuh tahun setelah James lahir. Si bungsu lahir di kota yang sama dengan James, yaitu di Palo Alto, California.
ADVERTISEMENT
Aktor berusia 32 tahun itu belajar akting di kelas teater berkat suruhan manajer James. Saat itu dia masih duduk di kelas dua SMA.
Rekam jejak Dave di perfilman Hollywood dimulai dengan film 'Superbad' (2007) sebagai Greg si pemain bola. Kemudian dia mulai melanjutkan kariernya sebagai aktor layar lebar.
Ingatkah kamu bahwa Dave pernah dua kali bermain film bersama Zac Efron? Film-film tersebut adalah 'Charlie St. Cloud' (2010) dan 'Neighbors' (2014).
James vs Dave Franco, Siapa yang Lebih Kamu Suka? (1131913)
Dave Franco di Now You See Me. (Foto: dok. IMDb)
Lalu, aktor kelahiran tahun 1985 itu mendapatkan peran besar di film '21 Jump Street' (2012), 'Now You See Me' (2013), dan 'Warm Bodies' (2013).
Tidak seperti kakak sulungnya, Dave juga banyak muncul di layar kaca melalui serial TV. '7th Heaven' merupakan debut Dave muncul sebagai seorang aktor. Dia juga pernah membintangi 'Scrubs' dan 'Privileged'.
ADVERTISEMENT
Sayangnya Dave sama sekali belum pernah dinominasikan untuk ajang penghargaan apapun. Ini berbeda dengan kakak sulungnya yang sudah memiliki daftar panjang nominasi dan beberapa piala.
Akhirnya kakak-beradik ini bertemu di film 'The Disaster Artist' yang tayang perdana tanggal 1 Desember 2017 di Amerika Serikat. James berperan sebagai seorang filmmaker bernama Tommy Wiseau, sedangkan Dave berperan sebagai Greg Sestero yang merupakan sahabat Wiseau.
Film drama komedi tersebut diangkat dari kisah nyata pengalaman Wiseau dan Sestero saat membuat film 'The Room' yang rilis tahun 2003 silam. 'The Room' dinobatkan sebagai the best worst movie ever.
Namun berkat film ini, James berhasil menyabet piala di ajang Golden Globe Awards untuk nominasi Best Performance by an Actor in a Motion Picture - Musical or Comedy. Dia mengalahkan Daniel Kaluuya dari film 'Get Out', Steve Carell dari 'Battle of the Sexes', Ansel Elgort dari 'Baby Driver', dan Hugh Jackman dari 'The Greatest Showman'.
ADVERTISEMENT
Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white