kumparan
search-gray
Entertainment30 Juni 2020 17:04

Jovial Da Lopez Bicara soal YouTube Masa Kini: Sekarang Collabs-nya ke Atas

Konten Redaksi kumparan
Skinny Indonesian 24
Jovial dan Andovi da Lopez Foto: Dok. Jovial da Lopez
Setelah 9 tahun bergelut di dunia YouTube, duo kakak beradik Jovial Da Lopez dan Andovi Da Lopez--pemilik kanal SkinnyIndonesian24--memutuskan untuk pensiun. Mereka akan berhenti pada 24 Juni 2021 mendatang.
ADVERTISEMENT
Banyak yang penasaran tentang alasan di balik pensiunnya mereka berdua dari YouTube. Apalagi, selama ini, Jovial dan Andovi memiliki banyak konten berkualitas yang menginspirasi anak muda.
Baru-baru ini, mereka pun berbincang dengan Raditya Dika di YouTube. Dalam kesempatan itu, Jovial dan Andovi bicara soal dunia YouTube di masa sekarang.
Jovial da Lopez, dan Andovi da Lopez
Jovial da Lopez, dan Andovi da Lopez. Foto: Alexander Vito/kumparan
"Sekarang itu collabs-nya ke atas. Kita dulu enggak pernah nyari lo, Dit. Lo enggak sengaja ketemu Andovi, dan kita itu sepaket. Sekarang yang punya nama collabs sama yang punya nama. Permainannya di situ," kata Jovial Da Lopez.
Lulusan Teknik Nuklir Universitas Indonesia itu tak menampik dulu dirinya juga pernah membuat konten semacam itu. Namun, kondisinya berbeda dengan sekarang.
"Bukan berarti dulu gue sama Andovi enggak main kayak gitu juga. Gue suka collabs sama yang punya nama, tapi kebetulan orang itu teman dekat kita juga," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Video
Tapi tak cuma itu, Jovial dan Andovi juga sering mencari seseorang dengan talenta bagus untuk diajak kolaborasi. Tapi sekarang, ia jarang menemukan hal semacam itu.
"Sekarang tuh beda ya. Bukan berarti salah, tapi beda," ucapnya.
Menurut Jovial, dulu banyak orang yang bertanya bagaimana caranya membuat sebuah konten. Pertanyaan itu kemudian berganti seiring berjalannya waktu.
"Sekarang orang (nanya) ke kita, 'Kak, bagaimana supaya konten kita laku.' Pertanyaannya ke arah situ, bukan masuk dari konten ujung-ujungnya mungkin hasil dia berbayar dan laku, orang langsung nanya gimana supaya konten laku dan banyak views," pungkas Jovial Da Lopez.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white