Keluarga soal Donny Kesuma Sakit Jantung: Aktivitas Padat di Malam Hari

18 Maret 2024 7:57 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Donny Kesuma. Foto: Instagram/@donnykesumaofficial
zoom-in-whitePerbesar
Donny Kesuma. Foto: Instagram/@donnykesumaofficial
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kabar mengejutkan datang dari aktor Donny Kesuma. Ia dilarikan ke rumah sakit karena sakit jantung yang ia derita. Diakui putra Donny, M. Ghassan Indira Kesuma, sakit sang ayah tak tiba-tiba datang.
ADVERTISEMENT
Sakit yang diderita Donny Kesuma, menurut Ghassan, merupakan akumulasi dari pola hidup yang baginya kurang sehat untuk dijalani Donny. Tak sehatnya pola hidup itu lama kelamaan berdampak pula pada kondisi kesehatan Donny.
"Aktivitasnya lumayan padat dan padatnya itu cenderung di malam hari. Jadi, kualitas tidurnya terganggu. Orang sehat pun jika kualitas tidurnya terganggu mungkin dapat sakit, apalagi papa yang sudah ada penyakit seperti ini malah tetap beraktivitas pada malam hari," Ujar Ghassan saat wawancara via aplikasi Zoom, Minggu (17/3).
"Awal kena penyakit jantung itu 2015 saat akhirnya diputuskan untuk memakai ring dalam satu jalur di jantungnya," sambungnya.
Donny Kesuma. Foto: Instagram/@donnykesumaofficial
Pola makan yang tidak teratur, menurut Ghassan, juga makin berdampak pada kondisi kesehatan ayahnya. Hal itu pula yang menyebabkan Donny mengalami gangguan pada sistem pencernaannya.
ADVERTISEMENT
"Sayangnya sebenernya setelah itu konsumsi papa tidak teratur, ya. Jadi, ternyata kalau tidak salah kemarin dokter sempat bilang ada gangguan juga di bagian ginjalnya sama lambungnya," ucap Ghassan.
"Jadi sebenernya yang memicu papa masuk ke RS sampai masuk ICU ini tidak menerima makanan. Jadi, papa sudah tidak ada nafsu makan, jadi sekarang akhirnya makanannya itu dialihkan melalui infus," imbuhnya.
Donny Kesuma. Foto: Instagram/@donnykesumaofficial
Sebagai anak, diakui Ghassan, ia dan keluarga lainnya juga seringkali mengingatkan Donny. Namun, beberapa kali Donny tak mengindahkan saran tersebut, sehingga pola hidup yang tak sehat itu tetap ia jalani.
"Ya pastinya kita melaranglah, siapa sih yang mau orang tuanya sakit? Jadi kita sudah sering ngasih tahu namun masih ada sedikit sikap rebel dari papa, 'gak apa-apa kok, papa aman', tapi ujung-ujungnya malah gini. Itu yang paling kita takutkan," kata Ghassan.
ADVERTISEMENT
Terkait kondisi sang ayah, Ghassan berharap pihak dokter dapat segera mencabut pemberian bius kepada Donny. Ghassan mengungkapkan pihak keluarga rindu untuk dapat berkomunikasi langsung oleh Donny.
"Kita sekeluarga mengharapkan papa segera dicabut obat biusnya. Agar kita bisa komunikasi, kita sebenernya sudah kangen untuk komunikasi secara langsung, karena sekarang, kan, jatuhnya kayak komunikasi satu arah, enggak dibalas juga sama papa," kata Ghassan.