Entertainment
·
9 Mei 2020 16:18

Keluarga Tegar Menyaksikan Proses Pemakaman Adi Kurdi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Keluarga Tegar Menyaksikan Proses Pemakaman Adi Kurdi (86975)
Aktor Adi Kurdi saat dimakamkan. Foto: Dok. Istimewa.
Aktor senior Adi Kurdi meninggal dunia, karena tumor otak, di usia 71 tahun pada Jumat (8/5). Ia berpulang saat dirawat di RS PON, Cawang, Jakarta Timur.
ADVERTISEMENT
Sejak kemarin, jenazah Adi disemayamkan di Aula Bengkel Teater Rendra, di kawasan Cipayung, Jakarta Timur. Tempat tersebut pun menjadi rumah duka bagi keluarga dan kerabat yang ingin melayat.
Pagi tadi, tepatnya pukul 09.00 WIB, telah digelar misa pra-pemakaman di rumah duka. Setelah itu, jenazah Adi Kurdi dikebumikan di lokasi yang tak jauh dari rumah duka.
Pemakaman Adi Kurdi hanya dihadiri keluarga dan kerabat dekat. Istri Adi, Bernadetta Siti Restyratuti alias Tuti, yang duduk di kursi roda, terlihat tegar melepas kepergian sang suami untuk selama-lamanya. Ia juga ikut menabur bunga ke liang lahat Adi Kurdi.
Putri tunggal Adi dan Bernadetta, Maria Advena Victoria, juga turut menghadiri pemakaman. Baik istri atau pun anak Adi, serta semua anggota keluarga tampak tegar dan ikhlas.
ADVERTISEMENT
Sekitar pukul 14.00 WIB, pemakaman usai digelar. Bernadetta bersyukur karena mendapat bantuan dari banyak pihak, termasuk pengurus Bengkel Teater Rendra.
"Banyak yang membantu terutama dari Bengkel Teater WS Rendra," ucap Tuti ketika ditemui di pemakaman, Sabtu (9/5).
Keluarga Tegar Menyaksikan Proses Pemakaman Adi Kurdi (86976)
Aktor Adi Kurdi saat dimakamkan. Foto: Dok. Istimewa.
"Terima kasih juga untuk orang-orang dari keluarga gereja dan teman semuanya. Semuanya handai tolan, saya sangat terhibur dan terima kasih banyak," sambungnya.
Selain mengucapkan banyak terima kasih pada semua pihak yang membantu, Tuti juga menceritakan riwayat penyakit Adi Kurdi.
Keluarga Tegar Menyaksikan Proses Pemakaman Adi Kurdi (86977)
Istri Adi Kurdi, Bernadetta Siti Restyratuti, di lokasi pemakaman suaminya, di kawasan Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu (9/5). Foto: Dok. Istimewa.
Ia menuturkan, sudah sejak lama sang suami menderita glaukoma, yang kemudian mengganggu penglihatannya. Satu minggu sebelum berpulang, Adi sempat pingsan dan langsung dilarikan ke RS PON.
"Tiba-tiba waktu makan siang dia langsung pingsan. Kita bawa ke Pusat Otak Nasional, ternyata ada masalah di otak sebelah kiri jadi seperti itu. Cepat sekali, cuma seminggu, otaknya tak bisa kontak dengan organ tubuhnya," tuturnya.
ADVERTISEMENT
Semasa hidupnya, Adi Kurdi dikenal lewat peran sebagai Abah di sinetron Keluarga Cemara. Tahun ini, ia juga berperan di film Terima Kasih Emak, Terima Kasih Abah bersama artis-artis yang dahulu terlibat di sinetron Keluarga Cemara.