kumparan
20 Maret 2019 16:19

Kilas Balik Tika Bravani: Aktris Asal Bali yang Kini Berhijab

Tika Bravani
Tika Bravani Foto: Instagram @tikabravani
Ratu Tika Bravani atau yang biasa dikenal sebagai Tika Bravani, merupakan seorang artis yang lahir di Denpasar, Bali pada 17 Februari 1990. Di usia sekolah, Tika sudah akrab dengan dunia akting.
ADVERTISEMENT
Dirinya pernah terlibat dalam ekstra kurikuler teater saat masih bersekolah. Tak hanya teater, rupanya Tika juga ikut olahraga bela diri jujitsu.
Ketertarikannya dengan dunia hiburan Tanah Air membuat Tika kemudian mencoba peruntungan dengan ikut ajang Abang None Jakarta. Hasilnya, ia terpilih sebagai None Jakarta Barat pada tahun 2009, dan masuk finalis None DKI Jakarta.
Setahun berselang, kesempatan untuk terjun ke dunia akting terbuka lebar dengan memerankan karakter Pipit dalam film 'Alangkah Lucunya (Negeri Ini)'. Aktingnya dalam film garapan Deddy Mizwar ternyata tidak sia-sia.
Tika masuk nominasi Piala Citra untuk 'Pemeran Utama Wanita Terbaik' dalam ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2010. Ia juga masuk nominasi 'Aktris Pendatang Baru Terbaik' dan 'Aktris Pendatang Baru Terfavorit' dalam penghargaan Indonesian Movie Awards (IMA) 2011.
ADVERTISEMENT
Sukses dengan film pertamanya, membuat Tika Bravani seolah mendapatkan banyak tawaran bermain film. Ia kemudian terlibat dalam film berjudul 'Soekarno: Indonesia Merdeka', dengan memerankan karakter Fatmawati.
Kebolehannya dalam berakting kemudian diganjar dengan penghargaan berupa Piala Citra untuk 'Pemeran Pendukung Wanita Terbaik' dalam ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2014.
Kemudian, perempuan berusia 29 tahun tersebut juga terlibat dalam film garapan Anggi Umbara berjudul '3: Alif Lam Mim'. Ia memerankan karakter Gendis, istri dari seorang wartawan.
Selama berkecimpung di dunia seni peran, sekitar 15 film pernah dibintanginya. Termasuk di dalamnya adalah 'Doea Tanda Cinta', 'Hijab', 'Bangkit', 'Athirah', 'Shy Shy Cat' hingga 'Nyai Ahmad Dahlan'.
Selain berakting di perfilman, Tika Bravani juga beradu akting di FTV serta sinetron. Salah satunya adalah 'Saya Terima Nikahnya'. Dalam sinetron tersebut, Tika beradu akting dengan Dimas Aditya yang kini menjadi suaminya.
ADVERTISEMENT
Tika Bravani resmi menjadi istri dari Dimas Aditya pada 7 Agustus 2016. Namun hingga kini, mereka masih belum dikaruniai keturunan.
Selain itu, Tika Bravani juga sibuk dengan sinetron 'Tukang Ojek Pengkolan'. Ia memerankan karakter Denok yang mempunyai suami bernama Eza Yayang.
Semenjak pulang umrah pada Maret 2018 lalu, Tika Bravani memutuskan hijrah dan mengenakan hijab. Keputusannya untuk menutup aurat didukung penuh oleh sang suami.
Selain di dunia akting, Tika Bravani juga sibuk menjabat sebagai sekretaris Yayasan yang bernama ANP AMAL. Kini ia dan beberapa pengurus serta pemain sinetron 'Tukang Ojek Pangkalan', tengah mengumpulkan dana untuk membangun masjid atau musala di sejumlah daerah.
"Ini adalah yayasan resmi yang sudah disahkan. Sudah terdaftar, rekeningnya juga udah bukan atas nama pribadi tapi atas nama yayasan. Ternyata enggak semudah itu. Ini harus berbentuk gerakan, mungkin ya positive vibes, gitu," terang Tika Bravani.
ADVERTISEMENT
Yayasan ANP AMAL diresmikan pada 31 Januari 2019 dan dipimpin oleh Iranty Purnamasari sebagai ketua. Yayasan itu juga dibantu beberapa artis dan kru 'Tukang Ojek Pengkolan', mulai dari Eza Yayang, Tika Bravani, Putri Anne, Adhe Nurul, Furry Setya dan lain-lain.
Program yang sedang dilaksanakan Yayasan ANP AMAL ini adalah pembangunan Masjid Matlaut Anwar dan musala Al Ikhlas di Lombok, serta pembangunan masjid di lingkungan pesantren Yadul Ulya, Garut.
Program yang sudah berjalan dan selesai adalah membantu pembangunan madrasah Babussalam di Garut dan perbaikan musala di daerah yang sempat terkena tsunami Selat Sunda di Lampung.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan