kumparan
5 November 2019 7:07

Kimo Stamboel Hadirkan Berbagai Macam Fobia di Film 'Ratu Ilmu Hitam'

Sutradara Kimo Stamboel kembali ke dunia hiburan lewat film horor terbarunya, ‘Ratu Ilmu Hitam’. Film tersebut merupakan reboot dari film berjudul sama yang tayang pada 1981 dan diperankan oleh Suzanna.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, film produksi Rapi Films ini memiliki cerita yang berbeda dari versi aslinya. Kimo menghadirkan berbagai adegan yang dapat membuat penonton merinding.
“Gue justru takut kalah gokil sama yang (‘Ratu Ilmu Hitam’) 1981, makanya gue push terus,” ujar Kimo saat ditemui di Epicentrum, Jakarta Selatan, Senin (4/11).
Kimo Stamboel di syukuran film ‘ratu ilmu hitam’
Kimo Stamboel di syukuran film ‘ratu ilmu hitam’. Foto: Sarah Yulianti Purnama/kumparan
Saat menyutradarai film tersebut, Kimo mengaku bahwa dirinya merasa terbebani. “Of course-lah (terbebani). Tahun 1981 sudah kayak gitu, gue harus bikin lebih baik lagi,” katanya.
Tidak sekadar cerita dengan adegan yang menyeramkan, film yang ditulis oleh Joko Anwar itu juga menampilkan berbagai fobia manusia. Beberapa di antaranya adalah fobia terhadap kelabang dan trypophobia, yakni ketakutan terhadap sekumpulan lubang-lubang kecil.
Rupanya, ide tersebut berasal dari si penulis naskah, yaitu Joko Anwar.
ADVERTISEMENT
“Itu semua ada dari Joko juga, dari skripnya sudah ngarahnya seperti itu, dan basically, gue cuma nambah-nambahin saja gitu, how we execute that,” beber Kimo.
Lewat film yang akan tayang pada 7 November mendatang itu, Kimo ingin membuat penonton merasa ketakutan lewat sesuatu yang berbeda.
“Ini gue coba untuk eksplorasi ketakutan itu tidak hanya berasal dari makhluk halus, tapi dari hal-hal yang bisa terjadi beneran. Which is, dengan efek ilmu hitam itu,” jelas Kimo Stamboel.
Lantas, darimana referensi Kimo dalam menggarap film ‘Ratu Ilmu Hitam’?
“Referensinya definitely (film) yang tahun 1981. Gue ngelihat beberapa adegan yang menurut saya itu keren banget. Adegan itu gue coba replicate dan itu juga susah banget. Jadi, yang tahun 1981 itu jadi referensi terbesar gue,” pungkas Kimo Stamboel.
Konferensi pers film ‘Ratu Ilmu Hitam'
Konferensi pers film ‘Ratu Ilmu Hitam’. Foto: Sarah Yulianti/kumparan
Film ‘Ratu Ilmu Hitam’ bercerita tentang Hanif (Aryo Bayu) yang membawa istrinya Nadya (Hannah Al Rashid) beserta ketiga anaknya menuju panti asuhan tempat dia dibesarkan. Pengasuh panti tersebut Pak Bandi (Yayu Unru) tengah mengalami sakit keras.
ADVERTISEMENT
Kedatangan Hanif itu, disusul oleh sahabatnya Anton (Tanta Ginting) dan Jefri (Miller Khan) yang juga membawa serta istri mereka. Ternyata, malam itu menjadi malam penuh teror bagi mereka.