Kirana Larasati Trauma Usai Jadi Korban Pelecehan Seksual: Pengin Mati Rasanya

29 September 2022 19:03
·
waktu baca 2 menit
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Artis Kirana Larasati saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta, Selasa, (25/8). Foto: Palevi
zoom-in-whitePerbesar
Artis Kirana Larasati saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta, Selasa, (25/8). Foto: Palevi
Aktris Kirana Larasati menceritakan kejadian kurang menyenangkan saat dirinya mengalami pelecehan seksual di masa lalu. Pengalaman tersebut ia ceritakan saat menjadi bintang tamu dalam podcast milik Daniel Mananta yang tayang di YouTube.
Kirana mengungkap kronologi pelecehan yang terjadi saat ia masih duduk di bangku kelas 5 SD. Ia dilecehkan oleh diduga anak SMA.
"Enggak tahu dia anak SMA atau enggak, yang jelas dia pake baju SMA. Dia jalan di depan aku, naik tanggul gitu sampai atas, terus dia muter balik, terus dia kayak mau turun. Pas aku mau ngelewatin, tiba-tiba he grab me on my right breast (dia pegang dada bagian kanan aku), diremes gitu,” ungkap Kirana Larasati.
Artis Kirana Larasati saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta, Selasa, (25/8). Foto: Palevi
zoom-in-whitePerbesar
Artis Kirana Larasati saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta, Selasa, (25/8). Foto: Palevi
Kirana yang terkejut dengan aksi tersebut langsung melaporkan pelaku ke polisi yang kala itu tengah mengatur lalu lintas. Sayangnya, saat didatangi, pelaku tersebut sudah menghilang.
“Itu, tuh, rasanya, aku langsung nangis, tapi nangisnya kayak orang kehabisan napas. Aku kayak langsung diam, kaku, nangis, dan enggak tau harus bagaimana, kaget. Lari ke bawah, ke polisi yang lagi ngatur penyeberangan jalan, aku tarik-tarik, 'Pak, tolong Pak, tadi saya dipegang di sini.' Polisinya jalannya juga pelan. Pas nyari, of course, orangnya sudah enggak ada,” papar Kirana.
Kirana menyebut kejadian tersebut menyisakan trauma yang mendalam. Ia merasa dirinya sudah tak berharga lagi hingga terbesit pikiran ingin mati.
"Cuma, itu kayak traumanya kayak aku ngerasa pengin mati saat itu. Dan beberapa saat setelah itu rasanya kayak kotor badannya, enggak berharga. Anak SD, lho. Kayak enggak pengin hidup aja, sudah enggak bisa mikir," jelasnya.
Namun, Kirana juga tak berani menceritakan kejadian itu ke orang tuanya. Ia takut sang ayah akan marah besar, yang mana hal itu malah membuat Kirana menjadi lebih tertekan.
“Karena orang tua aku itu keras sama aku pertama, kalau marah itu meledak. Ayah tiriku, kalau marah, meledak. Aku enggak bisa terbuka sama mereka karena, kalau aku terbuka sama mereka, my dad bisa ngamuk ke sekolah. Ngamuk nyari orang dan malah jadi malu, jadi tertekan dan enggak merasa terlindungi kalau caranya begitu," ujar Kirana.
Tak hanya terbesit pikiran ingin mati, Kirana bahkan sempat terpikir untuk melakukan operasi plastik. Ia merasa paras cantiknya itu yang justru membuat dirinya dilecehkan.
"Aku suka punya pikiran pengin mati, aku benci tubuhku. Terus, mikir kepengin operasi plastik kalau punya uang, pengin jadi orang jelek," pungkas Kirana Larasati.
Reporter: Karina Savitri