Entertainment16 Februari 2017 11:01

Koneng, Pengasuh Anak Artis yang (Ikutan) Hits di Instagram

Konten Redaksi kumparan
Koneng, Pengasuh Anak Artis yang (Ikutan) Hits di Instagram (136600)
Baby Sitter Gempita, Siti Rukoyah (Foto: Instagram @siti_syalalah)
"Lakukan semua dengan hati, Jika tidak maka tinggalkan. Dan cari apa yang hati kamu inginkan," tulis babysitter Gempita.
ADVERTISEMENT
Begitulah deskripsi profil akun Instagram Siti Rukoyah alias Koneng yang eksis di dunia maya dengan nama @siti_syalalah. Perempuan asal Tegal berusia 20-an tahun ini punya followers hingga 71.400. Koneng eksis di Instagram karena sering mengunggah foto kesehariannya mengasuh anak artis.
Kesibukan seorang entertainer begitu menyita waktu. Apalagi jika sepasang pasangan suami istri sama-sama bekerja di dunia hiburan. Mereka kadang tak punya pilihan lain selain mempekerjakan babysitter atau pengasuh anak.
Ini juga diterapkan di rumah tangga Gading Marten dan istrinya Gisella Anastasia yang telah dikaruniai anak perempuan yang mereka beri nama Gempita Nora Marten. 
Kesibukan Gading dan Gisel dalam dunia hiburan, membuat mereka meminta bantuan Koneng untuk mengasuh Gempi yang lahir pada Januari 2015 lalu.
ADVERTISEMENT
Sebelum sah menjadi babysitter Gempi, Koneng sudah terlebih dulu bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART) untuk pasangan Gading dan Gisel selama tiga tahun. 
"Kalau pengalaman yang benar-benar jadi babysitter yang dari yayasan gitu sih belum (pernah mengalami). Cuma dulu sering ngasih dan ngurus anak," ucap Koneng kepada kumparan.
Koneng ibarat ibu kedua bagi Gempi. Selama dua tahun, dia ikut menjaga dan memantau perkembangannya. Rasa sayang timbul secara alami. Menurut perempuan berusia 20-an asal Tegal ini, Gempi sangat pintar dan tidak rewel. 
"Aduh Gempi gemesin banget, apa aja dia lucu bgt. Dia sekarang udah pintar nyanyi, makin banyak ngoceh, suka joget. Tiba-tiba di jalan dia joget," katanya.
Menghabiskan waktu hampir setiap hari dengan Gempi, membuat Koneng ingin mengabadikan momennya tersebut dengan anak asuhnya ke akun pribadi di Instagram. Tak disangka, kegiatan sampingan Koneng ini mengundang banyak followerslikes, dan comments dari penggemar Gempi.
ADVERTISEMENT
"Waktu itu ikut acara sama Gisel. Karena banyak lihat dan penasaran, makanya jadi follow karena pada pengin lihat Gempi. Kaget, kok yang follow banyak banget," ucapnya seraya tertawa.
Layaknya selebgram, Koneng juga kerap mendapatkan tawaran endorsement. Mulai dari baju, sepatu, tas, hingga produk kecantikan. Koneng mengaku bisa mendapatkan Rp 500 ribu tiap mempromosikan produk.
"Awal-awal diambil aja, terus dipikir-pikir ada PR (bikin) foto. Udahlah jangan lagi, dibatesin," katanya.
Koneng membuat batasan yang jelas ketika mendapat tawaran endorsement. Dia mau mempromosikan produk tanpa menampilkan Gempi. 
"Kalau yang ada Gempinya nggak mau. Itu kan beda lagi," ucapnya.
Karena sehari-hari Koneng harus mengurus Gempi, ia mengaku tak sempat mengecek ponselnya dan membalas banjir komentar yang ada di akun Instagramnya. Maka, kadang Koneng hanya membalas satu komentar yang mewakili semua pertanyaan yang masuk. 
ADVERTISEMENT
Gading dan Gisel pun tak keberatan dengan Koneng mengunggah foto-foto anak mereka di akun Instagramnya. Saat kumparan meminta izin ke Gisel untuk mewawancarai pengasuh Gempi, Gisel pun mempersilakan.
"Aku juga punya Instagram sebelum kerja sama mereka," kata Koneng.
Menjadi pengasuh Gempi, membuat Koneng juga protektif. "Kadang-kadang kalau lagi asyik main sama Gempi, lagi nyuapin ada aja yang datang, minta foto. Ya nggak apa-apa sih, tapi kadang kesal," ucap Koneng.
"Senang sih, berarti banyak yang suka. Tapi kan lagi nyuapin... Makannya susah, jadi dia makin enggak mau," lanjutnya. 
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white