Entertainment
·
2 Oktober 2019 13:31

Krisdayanti dan Mulan Jameela, Penyanyi yang Terpilih Jadi Anggota DPR

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Krisdayanti dan Mulan Jameela, Penyanyi yang Terpilih Jadi Anggota DPR (731816)
Krisdayanti dan Mulan Jameela Foto: Grafik: Putri Sarah Arifira/kumparan
Sederet selebriti Tanah Air berhasil melenggang ke Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat. Mereka terpilih menjadi anggota legislatif yang bertugas menjadi penyambung suara masyarakat dan pemerintah.
ADVERTISEMENT
Krisdayanti dan Mulan Jameela adalah dua dari sekian banyak selebriti yang terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024. Cara mereka berjuang dan terpilih pun cukup jauh berbeda.
Kali ini, kumparan bakal membandingkan bagainana perjuangan Krisdayanti dan Mulan Jameela untuk menjadi anggota DPR. Simak, ya!
  1. Krisdayanti
Krisdayanti dan Mulan Jameela, Penyanyi yang Terpilih Jadi Anggota DPR (731817)
Krisdayanti Foto: Munady
Sukses menjadi seorang diva di dunia musik Tanah Air tak membuat Krisdayanti cepat berpuas diri. Dia mengembangkan kariernya ke dunia politik setelah mendapat dorongan dari sang suami, Raul Lemos.
Penyanyi yang kerap disapa KD ini maju sebagai calon anggota legislatif lewat PDIP. Dia mewakili daerah pemilihan Jawa Timur V yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu.
Kehadiran KD sebagai caleg ternyata diterima dengan cukup baik oleh warga di dapilnya. Selama masa kampanye, dia kerap menggunakan pakaian berwarna merah yang melambangkan partai pengusungnya.
Krisdayanti dan Mulan Jameela, Penyanyi yang Terpilih Jadi Anggota DPR (731818)
Krisdayanti, Caleg PDI-P Dapil Malang Raya. Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
Dia blusukan dari satu tempat ke tempat lainnya di dapil. KD tak segan ikut memanen padi hingga blusukan ke pasar, untuk mendengarkan suara rakyat.
ADVERTISEMENT
Saat pemilihan, pelantun 'Menghitung Hari' itu memilih untuk nyoblos di dapilnya, dan konvoi mengendarai motor bersama Raul Lemos setelahnya.
Pada akhir Agustus 2019, KD resmi terpilih menjadi anggota legislatif. Dia mendapatkan 132.131 suara di dapilnya.
Krisdayanti dan Mulan Jameela, Penyanyi yang Terpilih Jadi Anggota DPR (731819)
Penyanyi Krisdayanti barpose sebelum mengikuti pelantikan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 di Ruang Rapat Paripurna. Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Penampilan KD saat menghadiri pelantikan anggota DPR pada Selasa (1/10) cukup menyita perhatian. Dia mendapat banyak pujian karena tampil anggun dengan kebaya berwarna merah rancangan Anne Avantie.
Ibu empat anak ini juga menggunakan kain jarik. Rambutnya terlihat rapi dengan sanggul model jawa. Wajahnya dipulas dengan make up hasil tangan Bubah Alfian.
Meski kini KD akan menjalani tugas sebagai wakil rakyat hingga tahun 2024, ia tak akan meninggalkan dunia hiburan yang membesarkan namanya.
  1. Mulan Jameela
Krisdayanti dan Mulan Jameela, Penyanyi yang Terpilih Jadi Anggota DPR (731820)
Mulan Jameela Foto: Munady
Penyanyi Mulan Jameela menjadi calon legislatif DPR RI dalam Pemilu 2019. Dia mewakili daerah pemilihan Jawa Barat XI, yang meliputi Kabupaten Garut, Kabupaten Tasik, dan Kota Tasikmalaya.
ADVERTISEMENT
Dia merupakan caleg nomor urut 5 yang diusung oleh partai Gerindra. Kala itu, pelantun 'Wonder Woman' ini tak mendapat cukup suara agar bisa lolos ke DPR.
Pada Juli 2019, Mulan Jameela beserta 13 calon anggota legislatif yang merupakan kader dari Partai Gerindra lainnya, menggugat Prabowo Subianto ke PN Jakarta Selatan.
Dalam gugatannya kepada Prabowo, Mulan dan yang lain berdalih bahwa mereka adalah tokoh-tokoh partai yang telah memberikan jasa besar atas perjuangan Partai Gerindra. Sehingga, bisa menjadi pemenang kedua dalam gelaran Pemilu 2019.
Krisdayanti dan Mulan Jameela, Penyanyi yang Terpilih Jadi Anggota DPR (731821)
Penyanyi Mulan Jameela saat hadir di Gempita Indonesia di hotel Sultan Jakarta Minggu (23/3). Foto: Ronny/kumparan
Atas dasar tersebut pula, para penggugat menggugat Prabowo agar segera menetapkan mereka sebagai anggota DPR RI terpilih.
Usaha istri Ahmad Dhani itu akhirnya membuahkan hasil. Dia ditetapkan sebagai anggota DPR RI pada 21 September 2019.
ADVERTISEMENT
Gerindra memutuskan untuk memecat Ervin Luthfi yang mendapatkan perolehan suara terbanyak ke-3 di dapil Jawa Barat XI. Posisi Ervin pun diganti dengan Mulan.
Sebagaimana diketahui, Ervin Luthfi maju dari daerah pemilihan Jawa Barat XI, meliputi Kabupaten Garut, Kabupaten Tasik, dan Kota Tasikmalaya, sama seperti Mulan.
Ervin memperoleh suara terbanyak ke-3 dengan raihan 33.938 suara dan dinyatakan lolos. Sementara Mulan menempati ke-5 dengan perolehan 24.192 suara.
Krisdayanti dan Mulan Jameela, Penyanyi yang Terpilih Jadi Anggota DPR (731822)
Penyanyi Mulan Jameela barpose sebelum mengikuti pelantikan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Foto: ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Penampilan Mulan Jameela saat menghadiri acara pelantikan anggota DPR juga mencuri perhatian. Dia menyiapkan penampilan khusus dengan menggunakan baju bodo khas Makassar.
Baju bodo yang dikenakannya itu adalah rancangan dari desainer Didiet Maulana. Mulan sengaja memakai baju daerah untuk menyesuaikan dengan anggota DPR lain yang memakai baju nasional.
ADVERTISEMENT
Nah, setelah membaca rangkuman di atas, siapa penyanyi yang juga wakil rakyat kesukaanmu?