kumparan
search-gray
Entertainment14 Juni 2019 15:48

Lagu 'Stairway To Heaven' Led Zeppelin Kembali ke Pengadilan

Konten Redaksi kumparan
Led Zeplin
Led Zepellin. Foto: Getty Images
Hingga kini, lagu 'Stairway To Heaven' milik Led Zeppelin masih menjadi favorit banyak orang. Lagu itu juga menjadi pertanyaan orang-orang, terutama untuk proses pembuatannya. Bagaimana bisa dua anggota Led Zeppelin, Jimmy Page dan Robert Plant, menulis lagu se-ikonis 'Stairway of Heaven'?
ADVERTISEMENT
Tapi, tahukah kamu kalau lagu berdurasi 8 menit tersebut diduga mencuri riff gitar band lain? Dilansir NME, band yang juga melantunkan 'Black Dog' itu sempat dituduh mencuri karya orang lain karena riff gitar pada bagian intro dianggap mirip dengan lagu 'Taurus', instrumental yang diciptakan oleh band bernama Spirit.
'Taurus' sendiri adalah lagu ciptaan gitaris Spirit, Randy California. Lagu tersebut hadir di album debut Spirit pada tahun 1968. Sedangkan 'Stairway To Heaven' diciptakan oleh gitaris Jimmy Page dan vokalis Robert Plant dan menjadi salah satu lagi di album ke-4 Led Zeppelin yang dikenal dengan 'Led Zeppelin IV' pada tahun 1971.
Karena kemiripan 'Stairway To Heaven' dengan 'Taurus', Mark Andes selaku bassist Spirit pun membawa masalah tersebut ke pengadilan pada Mei 2014.
ADVERTISEMENT
Lho, kenapa baru tahun 2014 dipermasalahkan? Dilansir Bloomberg Businessweek, dulu Spirit mengaku tidak punya sumber yang kuat dan tak punya biaya. Kematian California di tahun 1997-lah yang mendorong Andes untuk membawanya ke pengadilan.
"Tak ada yang punya uang, dan mereka pikir undang-undang pembatasan itu telah dilakukan. Akan lebih baik jika Randy mendapat pujian (atas karyanya, 'Taurus')," ucap Andes dikutip dari BBC.
Pada 11 April 2016, hakim distrik Los Angeles, Gary Klausner, mengatakan bahwa ada banyak kesamaan antara 'Stairway To Heaven' dan 'Taurus'. Tanggal sidang pun keluar, yakni 10 Mei 2016. Sidang tindakan pelanggaran hak cipta tersebut pun diwakili oleh Michael Skidmore dari pihak Randy California yang nama aslinya adalah Randy Wolfe.
ADVERTISEMENT
Pada 23 Juni 2016, juri memutuskan bahwa 'Stairway To Heaven' dan 'Taurus' tidak memiliki riff. Ya, 'Stairway To Heaven' aman dari tuduhan pelanggaran hak cipta. Namun, padaa Juli 2016, pengacara Skidmore mengajukan banding terhadap keputusan pengadilan.
Led Zeplin
Led Zepellin. Foto: Getty Images
Pihak California meminta agar hakim mendengarkan kedua lagu tersebut, begitu juga Page dan Plant. Dua musisi tersebut juga telah memberikan keterangan bahwa riff 'Stairway To Heaven' tidak sama dengan riff 'Taurus'.
Permintaan pihak California pun dikabulkan pada 28 September 2018. Kasus hak cipta yang melibatkan Led Zeppelin dan Spirit pun dibawa ke Pengadilan Distrik AS, tepatnya Distrik Tengah California untuk persidangan baru mengenai pembuktian dan prosedur.
Led Zeplin
Led Zepellin. Foto: AFP
Baru-baru ini, sebanyak 11 hakim dari Pengadilan Banding Sirkuit AS ke-9 menyatakan bahwa mereka setuju untuk mendengarkan 'Stairway To Heaven' dan 'Taurus' bersama-sama. Pengacara dari pihak California juga mengatakan bahwa pengadilan juga akan mempertimbangkan kembali putusan tentang perlindungan hak cipta untuk 'Taurus'.
ADVERTISEMENT
Kabarnya, sidang kasus hak cipta 'Stairway To Heaven' dan 'Taurus' akan digelar di San Francisco, AS pada September mendatang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white