kumparan
9 September 2019 8:14

Main di film 'Hayya', Ria Ricis Banyak Kena Omel Oki Setiana Dewi

Ria Ricis di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, Selasa (30/7). Foto: Regina Kunthi Rosary/kumparan
Film bertema kemanusiaan 'Hayya: The Power of Love 2' bakal tayang di bioskop secara serentak pada 19 September mendatang. Film tersebut dibintangi sejumlah nama, salah satunya Ria Ricis.
ADVERTISEMENT
Di film garapan sutradara Jastis Arimba ini, Ricis berperan sebagai seorang baby sitter asal Malaysia yang mengasuh seorang anak kecil Palestina bernama Hayya. Alhasil Ricis dituntut untuk bisa membawakan karakter tersebut dengan logat melayu yang kental.
"Di sini menjadi gadis Malaysia. Ya tak lama lah belajar bahasa melayunya, sekitar satu minggu, ya gitulah," kata Ricis usai press screening film tersebut di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (8/9).
Ria Ricis. Foto: Munady Widjaja
Bagi Ricis, ini kali pertamanya berakting menggunakan bahasa melayu. Sehingga memberikan tantangan tersendiri.
Apalagi ia tidak memiliki waktu yang banyak untuk belajar bahasa melayu. Ia terpaksa learning by doing dalam menerapkan logat Melayu untuk tampil maksimal di film garapan sutradara Jastis Arimba tersebut.
ADVERTISEMENT
"Jadi waktu mau on cam juga harus baca-baca lagi, ulang-ulang lagi, artikulasinya lagi gimana-gimana gitu. Jadi sambil belajar, sambil langsung dikerjakan," jelas Ricis.
Ria Ricis. Foto: Munady Widjaja
Tak jarang wanita yang juga seorang youtuber ini kena omel sang kakak, Oki Setiana Dewi yang bertindak sebagai eksekutif produser. Namun hal itu justru membuat Ricis jadi sedikit lebih mudah memainkan perannya.
"Karena Ricis enggak ketemu orang banyak, jadi selain punya kakak yang bisa banyak bahasa, kenapa enggak. Jadi setiap ketemu belajar belajar," kata Ricis.
"Namanya seorang kakak, jadi kadang saya juga cerewet. tapi overall dia berhasil membawakan karakter itu. Semua orang bilangnya bagus Ricis menggunakan bahasa Melayu," sanjung Oki yang duduk di sebelah Ricis tersebut.
ADVERTISEMENT
Di sisi lain, Ria Ricis mengatakan alasannya tertarik menerima tawaran untuk bermain film tersebut karena cerita filmnya yang mengangkat tema kemanusiaan, khususnya di negeri Palestina.
Sehingga, ia berharap film ini mampu menyadarkan banyak orang tentang keadaan masyarakat di Palestina.
"Jadi melalui film ini Ricis berharap banyak sekali kaum milenial untuk tahu keadaan si Hayya itu sendiri.
Film 'Hayya The Power of Love 2' bercerita tentang Rahmat, seorang jurnalis yang karena dihantui perasaan bersalah dan dosa di masa lalu, memutuskan menjadi relawan kemanusiaan.
Kegiatan itu membawanya bukan hanya pada kegiatan relawan keliling Indonesia, melainkan bersama sahabatnya, Adin sampai ke wilayah Palestina.
Di sana ia bertemu Hayya, gadis yatim piatu korban konflik di Palestina. Hubungan Hayya dan Rahmat menjadi sangat dekat, hingga suatu hari Rahmat harus kembali ke Indonesia karena hendak menikah dengan Yasna.
ADVERTISEMENT
Hayya yang tidak ingin kehilangan Rahmat, melakukan aksi nekat di luar dugaan. Hubungan Rahmat, Hayya dan Yasna tiba-tiba berubah menjadi kompleks, lucu dan menegangkan.
Selain Ria Ricis, film ini turut dibintangi Fauzi Baadilla, Adhin Abdul Hakim, Meyda Safira, Hamas Syahid dan lainnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan