Entertainment
·
6 Mei 2021 21:01

Majid Majidi Bocorkan Sisi Lain Film Sun Children di Iranian Film Festival

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Majid Majidi Bocorkan Sisi Lain Film Sun Children di Iranian Film Festival (39154)
Iranian Film Festival di Klik Film. Foto: Klik Film
Iranian Film Festival digelar di Klik Film sejak 5 Mei kemarin. Di hari pertama, ada talkshow menarik yang menghadirkan sutradara ternama asal Iran, Majid Majidi.
ADVERTISEMENT
Nama Majidi tahun ini cukup tersohor berkat film karyanya, Sun Children. Sebab, film itu berhasil masuk dalam daftar nominasi Piala Oscar 2021.
Sebagai narasumber dan didampingi oleh sutradara Riri Riza sebagai moderator, Majid Majidi mengakui kalau dirinya senang Iranian Film Festival digelar Klik Film yang notabenenya berasal dari Indonesia. Ia merasakan, Indonesia dan Iran memiliki kesamaan.
Majid Majidi Bocorkan Sisi Lain Film Sun Children di Iranian Film Festival (39155)
Talkshow bersama Majid Majidi dalam Iranian Film Festival di Klik Film. Foto: Klik Film
"Indonesia itu salah satu negara yang sangat saya suka dan satu negara yang mirip dengan Iran dengan mayoritas penduduknya beragama muslim. Saya ingin mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa kepada seluruh rakyat Indonesia," ungkap Majid Majidi di gelaran talkshow dalam Iranian Film Festival, Rabu (5/5).
Majid Majidi pun menceritakan sisi lain dari film-film buatannya, termasuk Sun Children dan Children Of Heaven yang memenangkan Piala Oscar 1998 untuk kategori Film Asing Terbaik. Majid Majidi mengaku, karyanya merepresentasikan pandangan yang mulia terhadap anak-anak.
ADVERTISEMENT
"Saya melihat, anak-anak di sebuah negara itu bisa membangun masa depan yang baik bagi bangsa tersebut. Anak-anak adalah harta yang penting sekali bagi kita semua karenanya saya membuat film yang berhubungan dengan anak-anak," kata Majid Majidi.
"Tidak hanya di negara saya saja melainkan di seluruh dunia. Karena saat ini ada sekitar 150 juta anak yang dimanfaatkan untuk berkerja keras di masa kecilnya. Itu sebabnya saya ingin fokus membuat film-film terkait anak, agar suara mereka ini bisa didengarkan di seluruh dunia," sambungnya.
Majid Majidi Bocorkan Sisi Lain Film Sun Children di Iranian Film Festival (39156)
Cuplikan film Sun Children. Foto: IMDb
Majid Majidi turut menceritakan sedikit seperti apa proses balik layar dari film Sun Children. Ia membeberkan, sengaja memilih pemain anak-anak yang bukan aktor profesional.
"Para pemainnya adalah murni anak-anak yang memang betul mengalami kesulitan hidup, hidup di perempatan jalan. Penting sekali untuk seluruh dunia bisa melihat pesan ini, kejujuran dan kebersihan hati," tuturnya.
ADVERTISEMENT
Bagi kamu yang penasaran seperti apa talkshow antara Riri Riza dengan Majid Majidi, silakan disaksikan siaran ulangnya di Iranian Film Festival di Klik Film. Kalian juga bisa menyaksikan 25 film terbaik dari Iran di Iranian Film Festival yang berlangsung hingga 20 Mei mendatang.