Makna di Balik Topeng Hahoe yang Ada di Money Heist: Korea - Joint Economic Area

22 Juni 2022 14:01
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Money Heist: Korea-Joint Economic Area Part 1. Foto: Netflix
ADVERTISEMENT
Serial Money Heist: Korea - Joint Economic Area akan segera tayang di Netflix. Serial ini adalah adaptasi dari Money Heist, salah satu serial Netflix dari Spanyol yang sukses dicintai di seluruh dunia.
ADVERTISEMENT
Satu hal menarik dari serial Money Heist adalah topeng yang dikenakan oleh para perampok bank. Di versi aslinya, para perampok mengenakan topeng Salvador Dali.
Di Money Heist: Korea - Joint Economic Area ada perubahan topeng yang digunakan para perampok. Topeng Dali digantikan dengan topeng tradisional Korea yang bernama Hahoe.
Money Heist: Korea-Joint Economic Area Part 1. Foto: Netflix
Ternyata, ada pesan yang ingin disampaikan melalui topeng Hahoe. Pemeran tokoh Berlin, Park Hae-soo, menjelaskan mengenai hal ini.
"Topeng Dali digunakan di serial aslinya untuk melambangkan kebebasan dan topeng Hahoe digunakan di sini, karena topeng itu merepresentasikan kritik pada penguasa dan di dalamnya juga terkandung unsur humor," ungkap Hae-soo.
Ia pun merasa, topeng Hahoe sangat cocok dengan kisah yang ingin diangkat di Money Heist: Korea - Joint Economic Area. Bahkan, sejak pertama diberi topeng itu, ia sudah merasa jatuh cinta.
ADVERTISEMENT
"Saat pertama kali melihat topeng itu, aku bisa melihat kekuatan besar, terlebih saat sudah dikenakan oleh para pemeran. Topeng Hahoe itu juga unik, karena raut wajahnya bisa berubah jika dilihat dari sudut berbeda," tuturnya.
Money Heist: Korea-Joint Economic Area. Foto: Netflix
Pemeran Tokyo, Jun Jong-seo, sependapat dengan Park Hae Soo. Ia mengaku terkejut saat melihat seberapa cocoknya topeng itu bersanding dengan kisah di serial.
"Topengnya mungkin tampak tersenyum dan memberi unsur humor, tapi jika diperhatikan, topeng itu juga menampilkan sisi yang misterius. Aku sangat suka dengan topeng Hahoe itu," kata Hae-soo.
Money Heist: Korea - Joint Economic Area disutradarai oleh Kim Hong-sun dengan naskah yang ditulis oleh Ryu Yong-jae. Sama seperti versi aslinya, para perampok juga akan menggunakan nama-nama kota di seluruh dunia sebagai samaran.
Money Heist: Korea-Joint Economic Area. Foto: Netflix
Selain Park Hae-soo sebagai Berlin dan Jun Jong-seo sebagai Tokyo, ada pula Yoo Ji-tae sebagai Professor, Lee Won-jong sebagai Moscow, Kim Ji-hun sebagai Denver, Jang Yoon-ju sebagai Nairobi, Lee Hyun-woo sebagai Rio, Kim Ji-hoon sebagai Helsinki, dan Lee Kyu-ho sebagai Oslo.
ADVERTISEMENT
Ada pula dua artis yang menjadi tim kepolisian, yakni Kim Yunjin sebagai Seon Woojin dan Park Myung-hoon ssbagai Cho Youngmin. Aktor Kim Sung-o berperan sebagai Cha Moonhyuk dan Lee Joobeen memerankan Yun Misun.
Money Heist: Korea - Joint Economic Area berlatarkan Korea di masa depan saat Korea Utara dan Selatan sudah bersatu. Para perampok mencoba mengambil uang dari Unified Korea Mint (UKM).