Entertainment
·
12 September 2019 9:51

Maliq & D'Essentials Rilis DVD Rekaman di Abbey Road

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Maliq & D'Essentials Rilis DVD Rekaman di Abbey Road (5253)
searchPerbesar
Maliq & D'Essentials. Foto: Alexander Vito/kumparan
Maliq & D'Essentials telah mewarnai blantika musik Indonesia dengan nuansa pop jazz yang khas sejak tahun 2002. Untuk menandai 17 tahun karier mereka, dirilis sebuah DVD live album berisikan total 12 lagu.
ADVERTISEMENT
Uniknya, live album itu direkam di EMI Studios atau yang selama ini dikenal sebagai Abbey Road Studios di London, Inggris. Seperti diketahui, Abbey Road dipopulerkan oleh band legendaris The Beatles yang menjadikannya tajuk untuk album ke-11.
Sebagai vokalis Maliq & D'Essentials, Angga menceritakan alasan utama pembuatan DVD live album. Baginya, ini adalah satu persembahan spesial bagi banyak fans yang telah setia menemani perjalanan karier Maliq & D'Essentials.
"Basic-nya kita pengin merekam apa yang sering kita bawain live. Kan biasanya suka tanya, 'Kapan manggung di sini? Kapan manggung di pensi lagi? Nah, beli aja album ini dan kalian bisa dengerin spirit kita pas manggung," ungkap Angga ketika ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (11/9).
ADVERTISEMENT
"Kan juga selama ini enggak pernah rilis album 'Best of Maliq & D'Essentials'. Selama ini sudah ditagih tuh sama label dan fans. Akhirnya sekarang kita keluarin dengan format live," sambungnya.
Abbey Road Studios dipilih karena Maliq & D'Essentials ternyata sudah pernah melakukan mastering album bersama sound engineer yang bekerja di sana. Mengingat studio itu juga sudah sangat melegenda, tidak ada alasan untuk tidak melakukannya.
Maliq & D'Essentials Rilis DVD Rekaman di Abbey Road (5254)
searchPerbesar
Grup band Maliq & D’ Essentials tampil di hari kedua gelaran Prambanan Jazz Festival 2019, Sabtu (6/7) malam di Pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta. Foto: Hazliansyah Hazliansyah/kumparan
"Jadi, di album 'Tapak Sriwedari' itu kita mulai mastering di Abbey Road dan kita puas bgt sama hasilnya. Itu juga mempermudah jalan kita bisa ke sana, karena untuk bisa nyewa studio di sana itu enggak mudah. Cukup dipertanyakan juga sama mereka, kita itu siapa. Karena ada latar belakang kerjasama dengan sound engineer itu, jadi mempermudah kita bisa rekaman dan shoot video di sana," kata Indah, vokalis perempuan Maliq & D'Essentials.
ADVERTISEMENT
Rekaman di sebuah studio legendaris Inggris tentu membawa kesan spesial bagi semua personel. Salah satunya adalah dalam hal disiplin waktu penggarapan semua lagu.
"Kita harus untuk mengirit budget. Kita cuma punya waktu satu hari untuk rekam 12 lagu. Durasi rekaman harusnya 10 jam, tapi seperti biasa, pasti ada banyak sound yang jelek, jadi efektifnya hanya tujuh jam. Semua live, main bareng semua kita dan tiap lagu itu hanya diulang dua kali," ujar Angga.
Maliq & D'Essentials Rilis DVD Rekaman di Abbey Road (5255)
searchPerbesar
Penampilan Maliq & D'essentials di We The Fest 2018 Foto: Garin Gustavian/kumparan
DVD album live Maliq & D'Essentials di Abbey Road Studios bisa didapatkan di 700 gerai KFC di seluruh Indonesia. Telah dijual sejak awal September, album ini sudah terjual sebanyak 20 ribu keping berkat harganya yang cukup murah, yakni Rp 40 ribu.
ADVERTISEMENT
"Pertimbangannya kita pengin merilis album ini adalah karena konsepnya yang baru. Karena kita juga mau orang tahu kalau Indonesia juga punya musik hebat. Kalau di-capture jadi dvd dengan visual kan pasti menarik dan berbeda dari sekedar audio saja. Jika ini sukses, proyek ini akan dilanjutkan dengan artis lain lagi," kata Once perwakilan dari KFC Jagonya Musik.