kumparan
26 Maret 2019 10:29

Marvel Cari Aktor Superhero Shang-Chi, Netizen Dunia Dukung Iko Uwais

Iko Uwais
Iko Uwais Foto: Munady
Selama ini tokoh superhero dalam film layar lebar selalu didominasi karakter yang berlatar belakang negara Barat. Hingga kemudian ‘Black Panther’ menunjukkan bahwa pangeran Wakanda juga sanggup menjadi pencetak mesin uang yang ulung.
ADVERTISEMENT
‘Black Panther’ saat ini tercatat sebagai film superhero terlaris ke-4 sepanjang masa di bawah tiga seri film ‘The Avengers’. Superhero dengan latar belakang budaya Afrika itu mengalahkan Iron Man, Spider-Man, Captain America hingga Batman.
Hal itu menunjukkan bahwa penonton butuh figur baru yang tak hanya memiliki kekuatan super, tetapi memiliki cerita yang punya ikatan budaya dengan penonton di belahan dunia lain. Kini waktunya superhero dari Asia naik ke layar lebar.
Marvel sudah mengumumkan proyek film superhero terbaru mereka dengan menunjuk sutradara Destin Daniel Cretton untuk menggarap ‘Shang-Chi’. Tokoh yang digambarkan ahli bela diri dan senjata itu diciptakan oleh penulis Steve Englehart dan artis Jim Starlin. Shang-Chi pertama kali muncul di komik Special Marvel Edition #15 pada 1973.
Shang-Chi
Superhero Marvel dari Asia, Shang-Chi Foto: Marvel Comics
Semenjak Marvel mengumumkan proyek tersebut, banyak penggemar yang berspekulasi tentang tokoh utamanya. Bicara aktor Asia dengan keahlian bela diri, tentu semua orang teringat dengan Jackie Chan, Jet Lee, hingga Donnie Yen. Tapi usia mereka kini hanya cocok untuk pemeran pendukung. Sementara untuk aktor muda dengan keahlian bela diri dan dikenal secara global, mungkin bisa dihitung dengan jari.
ADVERTISEMENT
kumparan sempat membuat polling singkat di kalangan pembaca tentang aktor yang layak memainkan tokoh tersebut. Pilihannya antara lain, Iko Uwais, Lewis Tan (Deadpool), Jay Park, Mike Moh (Once Upon a Time in Hollywood), dan Stephen Chow.

Dari ratusan responden yang masuk, 82.24% memilih Iko Uwais, 14,02 % Stephen Chow, dan 1,87 % untuk Mike Moh. Sementara Jay Park dan Lewis Tan masing-masing mendapat 0,93 % suara.
Di Twitter, banyak juga dukungan untuk Iko Uwais mengalir dari netizen dunia. Kebanyakan dari mereka penggemar film ‘The Raid’.
Nama Iko Uwais memang layak dipertimbangkan Marvel, bahkan harus mengisi daftar tiga teratas kandidat pemeran utama. Tetapi, memilih Iko Uwais bisa jadi kontroversial karena karakter Shang-Chi digambarkan anak dari tokoh global China. Ditambah, Negeri Tirai Bambu merupakan pasar film paling penting setelah Amerika Utara.
ADVERTISEMENT
Bagaimana menurutmu? Kira-kira siapa aktor Asia yang akan dipilih Marvel? Atau mereka membuat kejutan dengan memilih aktor Amerika (yang punya keturunan Asia)?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan