kumparan
22 Agu 2019 18:34 WIB

Melihat Potret Kostum Spider-Man Selama Berada di MCU

Spider-Man: Far From Home. Foto: Dok. Imdb
Spider-Man menjadi salah satu topik perbincangan yang hangat di media sosial pekan ini. Banyak netizen yang kecewa melihat Disney dan Sony Pictures pecah kongsi.
ADVERTISEMENT
Keributan antara Disney dan Sony Pictures bermula ketika Sony menolak tawaran Disney untuk membagi pendanaan film Spider-Man di masa depan dengan pengaturan sebesar 50-50.
Disney juga tidak tertarik dengan tawaran untuk Marvel dari Sony, yakni menerima 5 persen dari first dollar gross, yaitu pendapatan kotor di hari pertama film rilis.
Akan tetapi, hingga saat ini, keputusan mereka belum final. Disney dan Sony akan terus bernegosiasi demi kemaslahatan para penggemar.
Nah, sebelum Spider-Man benar-benar angkat kaki dari Marvel, sekarang kita lihat dulu yuk sederet potret kostum yang digunakan oleh Spider-Man selama di MCU.
  1. Kostum original
Kostum Spider-Man di film 'Captain America: Civil War'. Foto: YouTube/Longclaw54
Spider-Man yang dibintangi oleh Tom Holland pertama kali muncul dalam film 'Captain America: Civil War'. Dalam film itu, Spider-Man menggunakan kostum original yang diberikan oleh Tony Stark.
ADVERTISEMENT
Kostum tersebut berwarna merah dan biru, garis-garis jaring di seluruh bagian tubuhnya tidak mengkilap seperti kostum yang dipakai Spider-Man versi Tobey Maguire dan Andrew Garfield. Bagian mata di kostum ini juga mencuri perhatian karena bisa bergerak menyesuaikan ekspresi Peter Parker.
Sementara untuk kekuatannya, kostum itu memiliki artificial intelligent yang menjadi asisten personal sekaligus membantunya dalam beraksi dengan kostum Iron Man, yang diberi nama Karen.
  1. Iron Spider
Kostum Spider-Man dalam film 'Avengers: Infinity War'. Foto: IMDB
Kostum Iron Spider ini pertama kali ditunjukkan dalam film 'Spider-Man: Homecoming'. Saat itu, Peter Parker tak mau menggunakan kostum ini karena ia menolak untuk gabung sebagai anggota Avengers.
Namun, pada akhirnya Parker memakai kostum itu di film 'Avengers: Infinity War'. Saat itu, ia hendak menyelamatkan Doctor Strange yang dibawa Ebony Maw dengan pesawat luar angkasa.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, kostum original yang diberikan Stark sebelumnya, tak mampu membuat Spider-Man bertahan di ketinggian angkasa. Oleh karena itu, saat Parker sudah tak kuat lagi, Tony Stark memberikannya kostum baru, Iron Spider.
Kostum Spider-Man dalam film 'Avengers: Infinity War' Foto: IMDB
Kostum tersebut berlapiskan baja, dilengkapi dengan helm yang bisa 'dilipat' secara otomatis. Selain itu, terdapat pula lengan laba-laba dari metal yang muncul dari punggung kostum. Lengan itu dapat digunakan Spider-Man untuk merayap atau bertarung melawan musuh-musuhnya.
Jika melihat kostum Iron Spider, kita seolah bisa merasakan jika kostum itu merupakan buatan Tony Stark. Sebab, ia mengombinasikan aksen warna emas--yang menjadi ciri khas Iron Man--ke kostum dasar Spider-Man yang berwarna merah biru.
  1. Stealth suit
Kostum Stealth Suit Spider-Man di film 'Spider-Man: Far From Home'. Foto: IMDB
Nah, kalau kostum yang satu ini baru muncul di film terbaru Spider-Man, 'Spider-Man: Far From Home' yang rilis awal Juli lalu. Kostum ini disebut stealth suit, alias kostum penyamaran.
ADVERTISEMENT
Jadi ceritanya waktu itu, Peter Parker lagi study tour sama teman-teman sekolahnya di Italia, tapi dia malah harus menghadapi musuhnya yang bernama Mysterio. Supaya identitasnya enggak ketahuan teman-temannya, Parker diberikan kostum ini oleh Nick Fury.
Kalau dibandingkan dengan kostum-kostum Spider-Man yang lain, sih, kostum ini enggak ada apa-apanya. Karena memang ini hanya kostum cadangan untuk menyamar saja.
Alhasil, kalau pakai kostum ini, Spider-Man harus berjuang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan enggak bisa bergantung dengan kecanggihan teknologi seperti pada kostum-kostum sebelumnya.
  1. Upgraded suit
Spider-Man. Foto: IMDB
Di pertengahan film 'Far From Home' diceritakan bahwa Peter Parker membuat kostumnya sendiri. Ia membuatnya di dalam Stark Jet, tentunya dengan mengandalkan teknologi 'warisan' dari Tony Stark.
Berbeda dari sederet kostum yang pernah dikenakan sebelumnya, kali ini kostum Spider-Man berwarna hitam-merah. Ada beberapa peningkatan dalam kostum terbaru Spider-Man ini.
ADVERTISEMENT
Salah satunya adalah penambahan 'sayap jaring' yang menempel di bagian tangan dan badannya. Sayap ini membuat Spider-Man bisa terbang dengan stabil, dan mampu menghampiri lawannya dengan cepat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan