kumparan
3 Desember 2017 14:04

MelOn Music Awards 2017: Penampilan Spesial hingga Ragam Penghargaan

Grup idola Winner di Melon Music Awards 2017
Grup idola Winner di Melon Music Awards 2017 (Foto: Twitter/@1theK)
Ajang penghargaan MelOn Music Awards (MMA) 2017 baru saja selesai diadakan di Gocheok Sky Dome, Seoul, Korea Selatan pada Sabtu (2/12) malam waktu setempat.
ADVERTISEMENT
Acara yang dilangsungkan selama kurang lebih empat jam ini, membuat para penggemar musik Korea dapat menyaksikan berbagai macam penampilan spesial.
Mulai dari aksi panggung para idola K-pop yang sedang naik daun, hingga penampilan para penyanyi beraliran musik indie.
Ini tentu merupakan hal yang menyenangkan, terutama bagi para penggemar dari musisi yang tak berpartisipasi pada Mnet Asian Music Awards (MAMA), ajang penghargaan yang dilaksanakan sehari sebelumnya, yaitu pada Jumat (1/12) di Hong Kong.
Malam itu, pertunjukan dimulai dengan penampilan menyegarkan dari grup besutan YG Entertainment, Winner. Grup beranggotakan empat orang ini membawakan 'Love Me Love Me' dan 'Really Really'.
Video
Selanjutnya, berbagai pertunjukan tunggal pun disajikan dari grup-grup idola K-pop yang sedang tenar, seperti JBJ, Gfriend, Red Velvet, Wanna One, Twice, BTS, dan EXO.
ADVERTISEMENT
Video
Video
Diva yang bernaung di bawah Cube Entertainment, HyunA juga sempat terlihat membawakan panggung perdana dari lagu terbaru 'Lip & Hip'. Penampilan pelantun 'Bubble Pop' dan 'Change' ini menjadi diskusi para netizen lantaran menuai pro-kontra.
Video
Selain penampilan-penampilan oleh para penyanyi idola, ada juga penampilan musik indie dari Bolbbalgan4 dan Melomance, juga panggung kolaborasi antara IU dengan mereka yang memiliki aspirasi untuk menjadi penyanyi.
Video
Selain itu, sempat ada pula penampilan 'Wild Flower' impromptu oleh solois veteran Park Hyo-shin. Hal ini ia lakukan saat menerima penghargaan 'Stage of The Year' untuk salah satu lagu dari album terbarunya, 'I Am A Dreamer'.
Ia mendapat sorakan meriah dari para penonton lantaran penampilan dadakan yang singkat tersebut dibawakan dengan sempurna.
ADVERTISEMENT
Video
Tak hanya diisi oleh berbagai penampilan, ajang yang disiarkan oleh perusahaan hiburan 1theK ini juga diisi dengan berbagai penghargaan untuk para musisi yang dianggap memiliki prestasi gemilang selama setahun terakhir.
Contohnya, penghargaan 'TOP 10 Artist' yang diberikan kepada Big Bang, IU, BTS, Heize, EXO, Winner, Twice, Bolbbalgan4, Red Velvet, Wanna One. Ada juga penghargaan untuk kategori-kategori spesifik.
Misalnya 'Best Indie' untuk duo pria Melomance, 'Best R&B/Soul' untuk solois Suran, 'Best Folk/Blues' untuk Jung Eun-ji 'A-Pink', juga 'Best OST' untuk solois Ailee atas 'I Will Go to You Like the First Snow', soundtrack dari drama 'Goblin'.
Selanjutnya, ada pula penghargaan-penghargaan utama, seperti 'Best Album of The Year' yang dianugerahkan kepada solois IU atas album 'Palette', 'Best Song of The Year' yang diberikan kepada BTS untuk lagu 'Spring Day', dan juga penghargaan 'Best Artist of The Year' untuk EXO.
ADVERTISEMENT
Walau sempat terasa canggung dan terburu-buru pada menit-menit awal, MMA 2017 berlangsung cukup lancar. Ajang ini juga menuai lebih sedikit protes dari para penggemar bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, terlepas dari beberapa perkelahian antarpenggemar yang masih merasa tidak puas.
Tak hanya itu, ajang tersebut bahkan menuai pujian dari para penggemar musik, terutama untuk urusan camerawork.
Setelah ajang MMA 2017, para penggemar K-pop masih akan disuguhi dengan ajang-ajang penghargaan musik lainnya, yaitu Seoul Music Awards pada 25 Januari 2018, dan juga Golden Disc Awards yang juga dijadwalkan untuk tahun depan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan