kumparan
search-gray
Entertainment4 November 2019 10:10

Membandingkan 'Si Manis' Versi Diah Permatasari dan Indah Permatasari

Konten Redaksi kumparan
Membandingkan 'Si Manis' Versi Diah Permatasari dan Indah Permatasari (333188)
Film Si Manis Jembatan Ancol. Foto: Instagram/ @anggy_umbara
'Si Manis Jembatan Ancol' merupakan cerita yang sudah melegenda bagi masyarakat Jakarta. Kisah ini sempat diangkat ke layar lebar pada tahun 1973. Film tersebut dibintangi oleh Lenny Marlina, Farouk Afero, dan Kris Biantoro.
ADVERTISEMENT
Sebenarnya, ada beberapa versi cerita tentang hantu berjuluk 'Si Manis' ini. Namun pada garis besarnya, 'Si Manis Jembatan Ancol' menceritakan kisah pilu seorang gadis cantik bernama Maryam.
Namun, pada akhirnya dia harus menderita lantaran kecantikan yang dimilikinya. Bahkan, Maryam diceritakan tewas secara tragis.
Membandingkan 'Si Manis' Versi Diah Permatasari dan Indah Permatasari (333189)
Membandingkan 'Si Manis Jembatan Ancol' versi Indah Permatasari dan Diah Permatasari. Foto: Infografik: Nadia Wijaya/kumparan.
Setelah mempertahankan kehormatannya yang ingin direnggut oleh beberapa orang pria, Maryam pun tewas mengenaskan. Beberapa orang pria tersebut kemudian membuang jasad Maryam dari jembatan. Konon, arwah Maryam pun gentayangan dan kerap menghantui warga sekitar.
Legenda tersebut kemudian kembali menjadi hit pada tahun 90-an, lantaran sempat diangkat ke layar kaca. Ketika itu, Diah Permatasari memerankan sosok 'Si Manis' bernama Maryam itu.
Dalam serial tersebut, Maryam tak sendirian, dia ditemani pula oleh sahabatnya sesama makhluk halus bernama Karina yang diperankan oleh Ozy Syahputra. Dalam serial tersebut, 'Si Manis' yang melegenda itu, jauh dari kata menakutkan.
ADVERTISEMENT
Diah Permatasari tampil tanpa makeup yang menyeramkan. 'Si Manis' versi Diah, memang tampak lebih cantik dari hantu-hantu lainnya. Dengan rambut panjang lurus tergerai dan riasan natural di wajahnya, Diah tak menyeramkan sedikitpun.
Bukan hanya itu, dalam balutan busana putih, Diah semakin jauh dari kata menakutkan dalam konteks hantu. Bahkan, Diah cenderung terlihat seksi dengan setelannya saat memerankan 'Si Manis'. Imej seksi dan cantik kala itu melekat dalam sosok 'Si Manis'.
Dalam beberapa ceritanya, 'Si Manis' sempat berbenturan pula dengan makhluk halus. Sesekali dia membela umat manusia yang berurusan dengan makhluk halus yang jahat.
Tak hanya itu, saat beradegan dengan sahabatnya, Karina, mereka kerap kali terlihat cukup menggelikan. Sebab, Ozy, yang berperan kemayu mampu mengundang gelak tawa dengan karakternya tersebut.
ADVERTISEMENT
Baru-baru ini, 'Si Manis' Jembatan Ancol kembali di angkat ke layar lebar. Indah Permatasari didapuk sebagai pemeran hantu dengan perangai cantik tersebut.
Dalam film garapan Anggy Umbara itu, 'Si Manis' jauh dari imej seksi seperti yang digambarkan dalam sinetron. Dalam trailer dan poster film itu, Indah yang memerankan 'Si Manis' mengenakan gaun panjang merah yang tertutup dan kerudung warna senada.
Berbeda dengan di sinetron, 'Si Manis' justru terlihat lebih menyeramkan. Dalam trailer yang telah dirilis, Indah tetap terlihat cantik dengan rambut panjangnya yang bergelombang. Namun, dengan tatapannya yang dingin, Indah justru mampu membuat bulu kuduk berdiri.
Goresan luka di wajahnya kian membuat 'Si Manis' versi Indah makin menyeramkan. Hal ini juga membuat 'Si Manis' makin kejam dalam melayangkan teror bagi orang-orang yang pernah menyakitinya semasa hidup.
ADVERTISEMENT
Rupanya dalam menggarap film 'Si Manis Jembatan Ancol', Anggy berpatokan pada film pertama yang tayang pada tahun 1973. Anggy mengatakan, sosok 'Si Manis' yang original terlihat di film pertama.
Lewat film 'Si Manis Jembatan Ancol' yang ia garap, Anggy ingin mengingatkan kembali pada masyarakat mengenai sosok asli 'Si Manis'. Kendati demikian, Anggy tidak mau terlalu kaku. Ia memutuskan mengemas film tersebut dengan lebih kekinian.
Sehingga, generasi milenial bisa relate dengan imej 'Si Manis' yang sebenarnya.
“‘Si Manis’ ini dulu 'kan identik dengan baju seksi di pinggir jalan. Saya mau hapuskan itu, mengingatkan kembali aslinya enggak kayak gitu. Aslinya pakai kerudung dan perempuan baik-baik di (film) tahun 73,” kata Anggy di Epicentrum, Jakarta Selatan, belum lama ini.
ADVERTISEMENT
Dilihat dari segi penampilan, Diah dan Indah dalam memerankan 'Si Manis', tentu amat bertolak belakang. Namun, 'Si Manis Jembatan Ancol' versi Indah, tampaknya lebih mampu menebar ketakutan bagi para penontonnya.
Antara Diah dan Indah, mana penampilan 'Si Manis' yang kamu suka?