Mola Cari Pelatih Sepak Bola Indonesia untuk Berkiprah di Klub Italia

9 Mei 2021 10:48
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Mola Cari Pelatih Sepak Bola Indonesia untuk Berkiprah di Klub Italia (65224)
zoom-in-whitePerbesar
Film dokumenter Como 1907 sudah tayang di Mola
Setelah merilis film seri dokumenter Como 1907, Mola kembali mengeluarkan program baru. Bertajuk The Italian Job, Mola bakal mencari pelatih sepak bola Indonesia untuk berkiprah di klub Liga Italia.
Program ini bertujuan untuk menyalurkan aspirasi para pelatih Indonesia agar bisa berkembang serta mempelajari lebih dalam tentang dunia industri sepak bola dunia. Tiga orang yang terpilih nanti akan ditempatkan sebagai tenaga pelatih di beberapa level tim yang ada di Como.
“Sebagai klub Serie B kami tidak boleh merekrut pemain dari luar Uni-Eropa, termasuk pemain Indonesia. Tapi, kami bebas merekrut pelatih Indonesia untuk bergabung dengan tim kepelatihan Como,” kata perwakilan Mola, Mirwan Suwarso, kepada kumparan.
Nantinya, satu orang terpilih akan menduduki posisi asisten pelatih di tim utama, sedangkan dua lainnya bergabung dengan tim Akademi Como 1907. Para pelatih ini juga akan mendapatkan kesempatan bersekolah untuk mendapatkan Lisensi Kepelatihan tingkat UEFA.
“Kita punya tim akademi dari usia 19 tahun, 17 sama 15 saat ini. Kita berharap tahun ini akan bertambah usia 13, 11 dan 9 tahun. Jumlah pelatih yang diperlukan cukup banyak. Tahun ini kita juga wajib memiliki tim wanita,” jelas Mirwan.
Mola Cari Pelatih Sepak Bola Indonesia untuk Berkiprah di Klub Italia (65225)
zoom-in-whitePerbesar
Calon pelatih akan diseleksi langsung oleh Direktur Sepak Bola Como 1907 Dennis Wise dan Direktur Olahraga Como Carlalberto Ludi. Ini merupakan sebuah kesempatan langka karena sepanjang sejarahnya belum pernah ada klub Italia, bahkan Eropa, yang membuka kesempatan khusus kepada para pelatih asal Indonesia untuk bergabung dan menjadi bagian dalam kerangka tim.
Ada beberapa ketentuan dan syarat yang harus dimiliki para calon peserta. Di antaranya berusia minimal 25 tahun, sudah menamatkan jenjang pendidikannya, dan memegang lisensi kepelatihan minimal C Nasional. Persyaratan lain yang harus dimiliki adalah mampu berbahasa Inggris dengan fasih, baik secara verbal maupun tulisan serta tidak terafiliasi sebagai karyawan di Djarum Group.
Mola Cari Pelatih Sepak Bola Indonesia untuk Berkiprah di Klub Italia (65226)
zoom-in-whitePerbesar
Para calon yang berminat juga harus menyertakan lisensi atau sertifikat kepelatihan yang dipegang, contoh program latihan yang pernah atau yang akan disusun, serta Surat Keterangan Berkelakuan Baik (SKKB) yang sudah diverifikasi oleh POLRI. Pendaftaran dikirim ke alamat email di [email protected] paling lambat 30 Juli 2021.

Serial Dokumenter Como 1907

Grup Djarum mengambil alih kepemilikan klub liga Italia Como 1907 pada 2019 lalu saat klub berkostum biru ini mengalami kebangkrutan. Dua langkah penting langsung dijalankan, yakni memperbaiki manajemen klub dan membentuk tim teknis yang diharapkan mampu memperbaiki penampilan tim di lapangan.
Mola Cari Pelatih Sepak Bola Indonesia untuk Berkiprah di Klub Italia (65227)
zoom-in-whitePerbesar
Langkah Grup Djarum untuk mengembalikan Como 1907 sebagai klub terpandang di Italia berjalan lebih cepat dari rencana. Como berhasil meraih tiket promosi ke Serie B di tahun kedua setelah diakuisisi.
Musim pertama di bawah kendali Grup Djarum, Como mengakhiri musim di peringkat 13. Serie C Italia harus berakhir lebih cepat karena pandemi Covid-19 yang menutup peluang Como untuk promosi. Di bawah kendali Dennis Wise yang ditunjuk sebagai Direktur Teknik, Como membuat kebijakan melepas pemain mahal yang sudah tidak produktif dan mendatangkan pemain muda potensial dari klub lain dengan status pinjaman.
“Kami melepas sekitar 12 pemain saat itu,” kata Mirwan.
Wise yang juga merupakan direktur sepak bola Garuda Select, mengutamakan pengembangan akademi sepak bola Como dengan menambah program elite usia U9, U11, dan U13.
Langkah ini membuahkan hasil lewat tiket promosi yang diraih setahun lebih cepat dari target awal. Como mengalahkan Alessandria 2-1 pada Minggu (25/4) lalu dan memastikan status sebagai juara Grup A Serie C yang berarti tiket promosi otomatis ke Serie B.
Mola Cari Pelatih Sepak Bola Indonesia untuk Berkiprah di Klub Italia (65228)
zoom-in-whitePerbesar
Como juga disiapkan untuk bisa memberikan kontribusi maksimal bagi sepak bola Indonesia. Meskipun sebelum mencapai Serie A tidak boleh merekrut pemain dari luar Eropa, Como akan menjalankan program pelatihan dan beasiswa bagi pemain dan pelatih Indonesia yang dilihat memiliki potensi untuk maju.
“Impian kami adalah melihat pemain dan pelatih Indonesia berkarier di Eropa, dan hasil promosi ke Serie B ini akan mempercepat langkah pendirian akademi Como yang nantinya juga bisa menampung pemain dan pelatih berbakat Indonesia,” ujar Mirwan mewakili Grup Djarum.
Mola Cari Pelatih Sepak Bola Indonesia untuk Berkiprah di Klub Italia (65229)
zoom-in-whitePerbesar
Saksikan kisah pembenahan manajemen Como di bawah kepemilikan Djarum yang berusaha untuk mengembalikan kejayaannya dalam serial Como 1907: The Real Story. Seri dokumenter bisa disaksikan di seluruh dunia melalui platform Mola dengan mengakses melalui aplikasi perangkat ponsel yang dapat diunduh dari apps store dan google play, atau melalui situs Mola. Kamu juga bisa menikmati seluruh tayangan nasional maupun internasional yang menarik mulai Rp 12.500.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020