kumparan
16 Sep 2019 15:35 WIB

Mytha Lestari Ceritakan Proses Penggarapan Single ‘Kala’

Penyanyi Mytha Lestari saat berkunjung ke Kantor kumparan. Foto: Dicky Adam Sidiq/kumparan
Mytha Lestari, penyanyi yang terkenal dengan lagu ‘Aku Cuma Punya Hati’, belum lama ini merilis sebuah single, berjudul ‘Kala’. Single tersebut diluncurkan pada perayaan ulang tahun ke-1 putranya, Mahatma Kala Maheswara.
ADVERTISEMENT
“Lagu ini sudah ada dari 2015, tadinya bapak mertuaku bikin buat ulang tahun ke-17 adik iparku. Saat itu aku masih pacaran sama Barry dan aku yang disuruh nyanyi lagu ini. Entah kenapa, aku, Barry, dan tim suka banget sama lagu ini,” tutur Mytha Lestari ketika bertandang ke kumparan, baru-baru ini.
Alhasil, empat tahun berselang, perempuan berusia 28 tahun itu bersama suaminya, Barry Maheswara, berniat merilis lagu tersebut.
Penampilan Mytha Lestari di Kantor kumparan. Foto: Dicky Adam Sidiq/kumparan
Setelah mendapat izin dari ayah mertuanya, Mytha dan Barry membuat pula versi bahasa Indonesia dari lagu yang tadinya berbahasa Inggris, dan hendak menjadikannya kado bagi sang buah hati.
“Lirik bahasa Indonesianya memang pesan yang kami utarakan buat Kala. Dan kayaknya, itu mewakili semua orang tua baru di Indonesia, betapa bahagianya kami punya anak yang masih setahun, yang masih lucu-lucunya,” ucap Mytha.
ADVERTISEMENT
Namun, ia rupanya sempat mengalami hambatan ketika hendak menentukan apakah ‘Kala’ benar-benar akan dirilis. Sebab, manajemen menginginkan Mytha tetap menelurkan lagu-lagu seputar patah hati.
Sementara itu, pada saat yang sama, ia dan Barry punya gagasan untuk memperkenalkan identitas Mytha sebagai seorang penyanyi sekaligus ibu. Akhirnya, manajemen setuju, dengan syarat Mytha harus kembali meluncurkan lagu-lagu bernuansa galau sesudahnya.
Penyanyi Mytha Lestari saat berkunjung ke Kantor kumparan. Foto: Dicky Adam Sidiq/kumparan
Terkait penggarapan lagu ‘Kala’, Mytha tak mengalami hambatan berarti. Prosesnya pun hanya memakan waktu singkat dan terasa begitu mudah.
“Lirik bahasa Indonesianya dibikin dua minggu sebelum rilis. Prosesnya cuma 15 menit dalam penulisan liriknya. Kami rekam ulang vokalnya cuma satu jam, lalu di-mixing dan mastering,” ujarnya.
Dalam single ‘Kala’, Mytha memberi sedikit sentuhan jazz, mengingat ia pernah mempelajari aliran musik tersebut selama sembilan tahun.
ADVERTISEMENT
“Ingin sekali-sekali balik ke roots, tapi enggak benar-benar kental gitu. Aku tetap memberikan touch of pop karena posisiku sebagai penyanyi ballad pop. Enggak bisa yang benar-benar jazz banget,” kata Mytha.
Kini, video lirik single ‘Kala’ telah dapat disaksikan di YouTube. Mytha memang tak berencana menyajikan lagu tersebut dalam bentuk video klip.
Konsep video lirik yang dibuat dalam single 'Kala', sengaja dibuat Mytha secara simpel. Ia juga menampilkan beberapa momen proses melahirkan hingga anaknya menginjak usia 1 tahun.
“Alhamdulillah, pas jadi, benar-benar touchy banget. Aku bisa senyum pas lihat dari awal sampai akhir video. Mungkin karena personal kali, ya. Mudah-mudahan, hal yang personal buat aku ini, bisa sampai ke hati para viewers di YouTube,” pungkas Mytha Lestari.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan