kumparan
19 April 2019 10:52

NonaRia Bawa Semangat Emansipasi di Single Terbaru, 'Jadi Wanita'

Nonaria
Nonaria. Foto: Instagram @nonariamusic
Tanggal 21 April diperingati sebagai hari Hari Kartini, tokoh nasional yang dianggap sebagai pahlawan kaum perempuan. Semangat Kartini untuk menimba ilmu di masa penjajahan menjadi panutan bagi setiap perempuan di Indonesia untuk terbebas dari hierarki patriarki.
ADVERTISEMENT
Grup musik NonaRia yang digawangi oleh Nesia Ardi (vokal, snare), Yasintha Pattiasina (violin, backing vocal), dan Nanin Wardhani (piano, akordeon, dan backing vocal) punya cara berbeda merayakan Hari Kartini nanti. Mereka akan merilis single sekaligus video lirik dari single terbaru yang berjudul 'Jadi Wanita'.
Single 'Jadi Wanita' NonaRia kerjakan bersama Odi Purba di posisi contra bass dan Irlanto Pratama sebagai sound engineer. Sax Studio milik Dony Koewinarno, NonaRia pilih sebagai tempat rekaman.
NonaRia tampil di Java Jazz Festival 2018
NonaRia tampil di Java Jazz Festival 2018. Foto: Garin Gustavian/kumparan
Di single ini, NonaRia tetap hadir dengan ciri khasnya, yakni nuansa musik Indonesia era '50-an. Namun, ada perpaduan musik Latin dan ragtime dengan tempo sedang.
Lirik di lagu 'Jadi Wanita' ditulis sendiri oleh Nesia Ardi, sang vokalis utama. Lewat lirik karyanya, Nesia seolah ingin memberi tahu bahwa perempuan Indonesia saat ini harus bersyukur karena memiliki kemerdekaan untuk berpenampilan dan bekerja sesuai dengan keinginan.
ADVERTISEMENT
Jika melihat etimologinya, kata 'wanita' dalam bahasa Jawa berarti 'wani ditata' atau berani diatur. Namun, Nesia merasa R.A Kartini bisa melepas etimologi itu di masanya dan kini, para wanita di Indonesia bisa berada sejajar dengan laki-laki.
"Zaman sekarang banyak lho, profesi lelaki yang sudah dijalankan kaum wanita. Dalam keseharian, saya sering menjumpai bus Trans Jakarta dikemudikan wanita. Saya juga sering lihat satuan pengaman, polisi juga kaum wanita. Padahal, zaman dahulu, itu profesi-profesi lelaki, 'kan," ujar Nesia seperti dikutip keterangan pers yang diterima kumparan baru-baru ini.
Jadi, nantikan rilisnya lagu 'Jadi Wanita' dari NonaRia pada 21 April mendatang. Rasakan semangat emansipasi wanita berbalut musik jadul khas Indonesia yang unik dan menarik!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan