kumparan
15 Juni 2018 6:20

Nurbuat Srimulat Meninggal Dunia Diduga karena Asma

Nurbuat Srimulat. (Foto: Instagram/@arieprastz)
Kabar duka kembali mewarnai dunia hiburan Tanah Air. Pelawak Nurbuat tutup usia tepat di saat seluruh umat Islam merayakan malam takbiran untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Nurbuat meninggal dunia pada Kamis (14/6) pukul 22.30 WIB di usia 69 tahun.
ADVERTISEMENT
Kabar duka ini juga dibenarkan oleh rekan pelawak Srimulat lainnya, Doyok. Pria berusia 63 tahun ini mengatakan kondisi kesehatan Nurbuat menurun karena penyakit asma yang dideritanya selama ini.
"Iya, benar (meninggal dunia). Dia (ada sakit) jantung dan sesak napas atau asma, sudah lama diderita," ungkap Doyok kepada kumparan melalui pesan singkat, Jumat (15/6).
Doyok kemudian mengatakan mendiang Nurbuat meninggal dunia saat berada di RS Harum, Jakarta Timur dan jenazah akan diberangkatkan menuju Ambarawa untuk dimakamkan.
"Kalau info dari Mas Kadir, iya (dibawa ke Ambarawa) ini dan dimakamkan di sana pas lebaran," tuturnya.
Doyok di rumah duka Eko DJ (Foto: DN. Mustika Sari/kumparan)
Lantas seperti apa Doyok mengenang sosok Nurbuat selama hidupnya?
"Selama ini beliau baik dan akrab sama junior-junior. Enggak pernah ada masalah. Senior banget jadi momong kita gitu loh. Enggak pernah ada konflik macem-macem malah waktu saya kena masalah tahun 2000 dia yang marah besar sama saya. Saya anggap orangtua saya," tutupnya.
ADVERTISEMENT
Nurbuat malang melintang di pentas lawak sejak tahun 70 an. Bakatnya menjadi pelawak mulai terasah sejak usia 21 tahun saat berkecimpung di dunia seni pentas. Diawali dari kelompok ludruk Anoraga milik Batalion 513 Malang.
Pada 1979, Nurbuat bergabung dengan ludruk Mandala dan sering tampil di Sarinah Jakarta. Awal 1982, Nurbuat bergabung dengan Srimulat dan membuat karirnya melambung menjadi pelawak kondang tanah air.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan