Entertainment
·
1 Februari 2021 14:00

Once Mekel Kemas Ulang Lagu Sabda Alam untuk Mengenang Tiga Musisi Legendaris

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Once Mekel Kemas Ulang Lagu Sabda Alam untuk Mengenang Tiga Musisi Legendaris (138002)
Once Mekel saat ditemui di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, Selasa (8/10). Foto: Regina Kunthi Rosary/kumparan
Sabda Alam merupakan sebuah karya masterpiece yang selama ini dipopulerkan oleh Chrisye dan Yockie Suprayogo. Lirik dari lagu itu sendiri dituis oleh Junaedi Salat.
ADVERTISEMENT
Memasuki tahun 2021, penyanyi Once Mekel mengemas ulang lagu Sabda Alam. Ini pun menjadi sebuah bentuk tribut untuk Junaedi Salat yang meninggal dunia pada 18 Januari lalu.
"Tidak lupa, terima kasih juga kami sampaikan untuk almarhum Mas Chrisye dan almarhum Mas Yockie Suprayogo untuk lagu dan aransemen yang indah," ungkap Once dalam siaran pers yang kumparan terima, Senin (1/2).
Once Mekel Kemas Ulang Lagu Sabda Alam untuk Mengenang Tiga Musisi Legendaris (138003)
Once Mekel saat ditemui di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, Selasa (8/10). Foto: Regina Kunthi Rosary/kumparan
Lagu Sabda Alam menceritakan tentang bagaimana keindahan Bumi yang diciptakan Tuhan bisa memanjakan mata setiap insan manusia. Namun, lagu Sabda Alam juga berisikan pesan tentang bagaimana seharusnya manusia tidak terlena dengan keindahan tersebut.
Sebelum wafat, Junaedi Salat, sang pencipta lagu, sempat menceritakan proses penggarapan Sabda Alam pada label yang menaungi Once Mekel, yakni Aquarius Musikindo.
ADVERTISEMENT
"Di lagu Sabda Alam, saya kerja sama dengan Chrisye Rahardi. Saya yang buat syairnya, sedangkan Chrisye yang buat lagunya dan diaransemen oleh Yockie Suprayogo," kata Junaedi Salat kala itu.
"Saya terinspirasi saat bangun pagi sambil dengar burung-burung bernyanyi, rasanya indah sekali. Dari situ saya mulai ambil pulpen dan menulis baris demi baris apa yang diinspirasikan Tuhan kepada saya," sambungnya.
Untuk versi barunya, Once Mekel memilih instrumen gitar akustik yang mengayun dengan sangat lembut. Alunan gitar pun terasa pas saat disandingkan dengan suara khas pria berusia 50 tahun itu.
“Dari lagu Sabda Alam ini, kita kembali diingatkan oleh alam raya kalau kita adalah sebenarnya makhluk yang kecil. Bukan berarti kita dianggap kecil di mata Tuhan, tetapi kita tetap harus menghargai dan menjaga selalu alam semesta dari Yang Maha Pencipta ini," kata Once Mekel.
ADVERTISEMENT
Saat ini, lagu Sabda Alam versi Once sudah bisa didengarkan di berbagai layanan streaming musik digital. Video liriknya juga sudah tersedia di kanal YouTube Aquarius Musikindo.