Entertainment
·
23 Februari 2021 18:29

Padi Reborn Kolaborasi dengan Keluarga Alumni UGM Rilis Ulang Lagu Kagama Bhakti

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Padi Reborn Kolaborasi dengan Keluarga Alumni UGM Rilis Ulang Lagu Kagama Bhakti (34497)
Padi Reborn. Foto: Dok. Istimewa
Di masa pandemi, Padi Reborn sepertinya sadar bahwa musik bukan hanya bisa menjadi hiburan. Mereka pun semakin sering membuat karya non komersil, seperti lagu Ingat Pesan Ibu, yang berkolaborasi dengan Satgas Penanganan COVID-19.
ADVERTISEMENT
Jelang akhir Februari 2021, Fadly dan kawan-kawan digandeng oleh Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) untuk menggarap sebuah karya kolaboratif. Hasilnya, Padi Reborn dan Kagama berhasil menggubah lagu Kagama Bhakti.
Kagama sendiri merupakan wadah alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) dalam mendharma-baktikan tenaga dan pikirannya kepada masyarakat, bangsa, dan negara. Lewat kolaborasi ini, Padi Reborn diharapkan dapat membantu mempopulerkan nilai-nilai positif yang banyak terkandung dalam lirik lagu Kagama Bhakti kepada publik.
Padi Reborn Kolaborasi dengan Keluarga Alumni UGM Rilis Ulang Lagu Kagama Bhakti (34498)
Padi Reborn bersama Gubernur Jawa Tengah sekaligus Ketua Umum Kagama, Ganjar Pranowo. Foto: Dok. Istimewa
"Mewakili Kagama, saya menyampaikan terima kasih kepada Padi Reborn yang sudah berkenan menyanyikan dan memproduksi ulang lagu Kagama Bhakti," ungkap Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah sekaligus ketua umum Kagama dalam siaran pers yang kumparan terima, Selasa (23/2).
"Lagu ini punya nilai-nilai yang sangat bagus sekali. Lewat musikalitas dari Mas Fadly, Mas Piyu, Mas Rindra, Mas Ari, dan Mas Yoyo, lagu ini semakin luar biasa. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang, tidak hanya sebatas bagi alumni UGM saja," sambungnya.
ADVERTISEMENT
Lagu Kagama Bhakti mulanya diciptakan dan diaransemen oleh Dika Sri Hapsari, alumni Fakultas Pertanian UGM. Lagu berdurasi sekitar 3 menit ini berisi lirik-lirik yang menggambarkan keelokan alam dan budaya Indonesia yang perlu dijaga dan dilestarikan.
Selain itu, lirik Kagama Bhakti juga menegaskan komitmen seluruh alumni UGM untuk bersatu dan berkontribusi untuk Tanah Air Indonesia. Fadly, vokalis Padi Reborn, mengungkapkan rasa bangganya telah didapuk untuk menyanyikan lagu tersebut.
Padi Reborn Kolaborasi dengan Keluarga Alumni UGM Rilis Ulang Lagu Kagama Bhakti (34499)
Padi Reborn bersama Gubernur Jawa Tengah sekaligus Ketua Umum Kagama, Ganjar Pranowo. Foto: Dok. Istimewa
"Dengan notasi dan liriknya, lagu ini seakan bisa membius pendengar untuk terhanyut dalam keindahan Indonesia. Kami mencoba memberikan sedikit sentuhan musik khas Padi Reborn untuk memperkuat pesan-pesannya," tuturnya.
Hal senada diungkapkan gitaris Satriyo Yudi Wahono atau Piyu. Ia mengaku, awalnya kaget ketika diminta untuk menggarap lagu Kagama Bhakti, karena tidak ada satu pun personel Padi Reborn yang merupakan alumni UGM.
ADVERTISEMENT
"Setelah pembicaraan dengan pengurus Kagama, kami justru tersadarkan kolaborasi ini menjadi simbol bahwa Kagama ini organisasi yang inklusif dan terbuka bagi siapa pun untuk bekerja sama, sepanjang tujuannya berkontribusi positif bagi bangsa,” kata Piyu.