Entertainment
·
30 November 2020 11:26

Pemeran Darth Vader, Dave Prowse, Meninggal Dunia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pemeran Darth Vader, Dave Prowse, Meninggal Dunia (16971)
Dave Prowse. Foto: REUTERS
Kabar duka datang dari Hollywood. Aktor Dave Prowse meninggal dunia pada usia 85 tahun. Kepergian Prowse telah dikonfirmasi oleh agennya, Thomas Bowington.
ADVERTISEMENT
"Dengan sangat menyesal dan hati yang berduka, bagi kita semua, termasuk jutaan penggemar di seluruh dunia, kami mengumumkan, klien kami, Dave Prowse MBE meninggal dunia di usia 85 tahun," ujar Bowington dikutip dari The Guardian, Senin (30/11).
Selama ini, Dave Prowse dikenal berkat perannya sebagai Darth Vader di trilogi orisinil Star Wars. Ia adalah orang yang sukses menghidupkan salah satu tokoh villain terbaik dan ikonik di industri perfilman dunia.
Pemeran Darth Vader, Dave Prowse, Meninggal Dunia (16972)
Dave Prowse. Foto: Carlos Alvarez/Getty Images
Produser Star Wars, Jason Joiner, juga merasa sangat kehilangan sosok Dave Prowse. Di Facebook, ia mengenang sosok Prowse yang selalu baik pada penggemar.
"Dave selalu mendedikasikan waktunya untuk bertemu fans selama beberapa dekade. Sudah banyak pula fans yang bertemu dengannya di berbagai acara Comic Con," tulis Joiner.
ADVERTISEMENT
"Dave adalah sosok yang luar biasa dan ia akan sangat dirindukan. Cinta dan pikiran kami tertuju pada keluarga yang ditinggalkan," sambungnya.
Pemeran Darth Vader, Dave Prowse, Meninggal Dunia (16973)
Star Wars Foto: Lucasfilm
Sebelum berperan sebagai Darth Vader, Dave Prowse dikenal sebagai binaragawan profesional. Ia kerap memerankan tokoh monster dan penjahat dalam film.
Pada 1975, George Lucas mulai menggarap proyek film Star Wars. Prowse pun diundang untuk melakukan audisi untuk peran Darth Vader dan Chewbacca.
Pada akhirnya, Dave Prowse memilih untuk memerankan Darth Vader. Dahulu, ia sempat mengatakan alasannya.
"Semua orang selalu ingat tokoh penjahat di film," kata Prowse.
Pemeran Darth Vader, Dave Prowse, Meninggal Dunia (16974)
Darth Vader. Foto: starwars.com
Selain Star Wars, Dave Prowse pernah berperan di berbagai film keren lain. Beberapa di antaranya adalah Casino Royale (1967), A Clockwork Orange, dan Superman (1978).
ADVERTISEMENT
Pemerintah Inggris pun menyematkan gelar MBE pada Prowse. Gelar itu ia dapat berkat perannya sebagai jagoan di film Green Cross Man yang mengkampanyekan keselamatan di Inggris.