Entertainment
·
30 Mei 2017 21:41

Pengalaman Augie, Wulan, dan Hannah saat Shooting Film 'Jailangkung'

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Pengalaman Augie, Wulan, dan Hannah saat Shooting Film 'Jailangkung' (27546)
Augie Fantinus, Wulan Guritno, Hannah Al Rashid (Foto: Instagram @wulanguritno)
Sebentar lagi, film horor 'Jailangkung' dirilis. Hari ini, Selasa (30/5), trailer film besutan Rizal Mantovani dan Jose Purnomo itu dirilis. Beberapa pemainnya, Wulan Guritno, Hannah Al Rashid, dan Augie Fantinus pun berbagi cerita tentang pengalaman mereka saat shooting film tersebut.
ADVERTISEMENT
"Shooting-nya sebulan lebih dan butuh tenaga lebih besar. Shooting dari sore sampai subuh, jadi butuh kekuatan lebih. Gue ada shooting di beberapa lokasi, jadi lumayan capek," terang Augie saat ditemui di Plaza Senayan, Jakarta Selatan.
"Secara keseluruhan, seru shooting-nya. Horor juga, capek juga, karena banyak lokasi yang ngebawa kita ke mana-mana, kayak Nusa Tenggara Barat, Bali, Purwakarta, Cimahi, Depok, Bandung, dan Bogor. Horor karena banyak tempat seram. Kita lari-larian, renang, hujan-hujanan, pokoknya banyak adegan yang capek," cerita Hannah.
"Aku sih klise mungkin, tapi memang shooting film horor, ya, pikiran kita jangan kosong. Setidaknya, isi apapun itu. Jangan bengong, jangan ngomong sembarangan, dan banyak baca doa. Mungkin klise, tapi 'kan, spiritual itu ada dan mereka juga makhluk Tuhan. Kita harus saling menghormati. Ya, paling permisi saja, numpang sebentar mau shooting, maaf kalau ganggu," kata Wulan.
ADVERTISEMENT
Selama shooting, banyak hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Hannah mengaku, ada yang kesurupan dan ada seorang Make Up Artist yang saat ia baru saja melakukan selfie dengan latar belakang lokasi shooting, dirinya malah tidak muncul.
Menanggapinya, Augie punya jurus agar para pemain dan kru bisa beradaptasi dengan suasana, yakni berpikiran positif.
"Saya lihat skenarionya, enggak ada hubungan langsung sama jelangkung. Ya, setan yang di-makeup di lokasi itu orang. Kadang males juga, dia suka ngeselin. Suka nongkrong di sofa padahal sudah pakai makeup seram," ujar pria berusia 37 tahun itu yang mengaku tidak mengalami hal mistis saat shooting.
Wulan sendiri memilih untuk pergi bersama dengan banyak orang selama shooting. Intinya, aktris kelahiran London, Inggris, itu banyak memanjatkan doa selama di lokasi shooting.
ADVERTISEMENT
"Untung saya enggak banyak berhubungan dengan jelangkung. Tapi, ya, itu tadi (kata Augie). Misalnya, lagi break makan. Aduh, dia (setan-setanan) lagi di sebelah gue," ucapnya.
Ketika ditanya soal lokasi paling menyeramkan, Wulan dan Hannah sama-sama mengatakan adegan anak kecil di sebuah rumah.
"Tadiinya enggak seram-seram amat. Tapi, tiba-tiba kita disamperin satpam dan dia bilang kalau di rumah itu memang ada hantu anak kecil," cerita Hannah.
Bagi Wulan, Hannah, dan Augie, 'Jailangkung' adalah film horor ke-2 mereka. Lalu, apa yang membuat mereka ingin bermain film horor untuk yang ke-2 kalinya? Wulan yang tahun ini berusia 36 tahun memberikan jawaban yang mewakili ketiganya.
"Film itu enggak ada yang jarang diminati atau enggak. Adanya bagus atau enggak. Kurasa enggak ada, mungkin enggak diminati karena (film) horor kemarin-kemarin kurang bagus. Yang penting entertaining, menghibur. Mudah-mudahan film 'Jailangkung' menjadi ketertarikan masyarakat untuk menonton film horor karena ada yang spesial juga. Cerita juga jauh beda sama 'Jlangkung' yang rilis tahun 2011," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Hannah adalah salah satu orang yang memegang jelangkung dengan kedua tangannya. Bintang film 'Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1' itu tidak merasakan apa-apa, tapi ada sebuah kejadian yang cukup mengerikan.
"Ada satu kejadian lumayan human accident, tapi menurut Nichol sama Manda (Jefri Nichol dan Amanda Rawles). But I don't believe it. Adegan pertama main jelangkung, kepala saya bocor karena tertimpa besi dan saya tetap shooting. Kita enggak ada istirahat, lanjut shooting, Apapun yang terjadi, mau hal seram atau human accident, kita semua gunakan itu ke arah positif saja," cerita wanita berusia 31 tahun tersebut.
Menutup perbincangan, ketiganya yakin bahwa 'Jailangkung' akan menjadi film yang spesial dan menghibur bagi masyarakat.
ADVERTISEMENT
"Lihat trailer-nya tadi, kita semakin yakin kalau 'Jailangkung' bisa jadi satu pilihan penonton yang spesial. Ini cuma satu-satunya film horor yang tayang pas Lebaran," tutup Augie.