kumparan
24 Mei 2019 9:46

Perankan Kuntilanak, Karina Suwandi Riset ke Ayah dan Kakeknya

Karina Suwandi. Foto: Munady Widjaja
Aktris Karina Suwandi bermain dalam film 'Kuntilanak 2'. Dalam film garapan sutradara Rizal Mantovani ini, ia memerankan dua karakter, yakni Karmilla dan kuntilanak.
ADVERTISEMENT
Karina tidak merasa kesulitan untuk memerankan kuntilanak. Hal ini lantaran ia sudah mendengar mengenai kuntilanak dari kecil.
"Hantu kuntilanak ini 'kan sudah saya kenal sejak kecil dan enggak pernah sirna, ya. Kebetulan bapak saya 'kan orang Klaten, jadi sering dengar wejangan kayak di atas jam enam enggak boleh keluar rumah atau kalau jalan malam-malam jangan melihat ke atas gitu," kata Karina saat ditemui di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (23/5).
Pemain film 'Kuntilanak 2' Karina Suwandi saat berkunjung ke kantor kumparan. Foto: Faisal Rahman/kumparan
Meski begitu, Karina Suwandi tetap melakukan riset terkait sosok kuntilanak. Perempuan 45 tahun ini mengandalkan ayah dan kakeknya.
"Ya, itu tadi, ayah saya orang Jawa dan kuntilanak 'kan hantu yang cukup terkenal, ya di Jawa. Di film ini juga saya harus nyinden lagu 'Nina Bobo' di Jawa dan ayah saya juga jago sekali bahasa Jawa," tutur Karina.
ADVERTISEMENT
"Kebetulan, kakek saya juga dalang. Jadi, saya banyak tanya ke dia juga untuk mempelajari sejarah Jawa," lanjutnya.
Pemain film 'Kuntilanak 2' saat berkunjung ke kantor kumparan. Foto: Faisal Rahman/kumparan
Ini bukan kali pertama bagi Karina memerankan karakter hantu di film. Ia sempat berperan sebagai tokoh jahat di film 'Sebelum Iblis Menjemput'.
Karina mengaku ketagihan bermain di film horor. Menurutnya, ada satu keseruan di film horor yang tak bisa didapat kala ia bermain di film-film drama atau komedi.
"Kalau film drama mungkin emosinya yang harus banyak dimainkan, tapi kalau di horor selain emosi juga dibutuhkan kekuatan fisik dan stamina. Makanya saya ada persiapan olahraga, ada yoga dulu. Karena di sini 'kan saya ada kontak fisik dengan Maxime (Maxime Bouttier) dan pemain-pemain lain," ucap Karina.
Karina Suwandi Foto: IG @karinka81
Karina begitu totalitas dalam memerankan karakter kuntilanak. Bahkan, ia rela berkorban demi perannya tersebut.
ADVERTISEMENT
"Ya, kuntilanak itu 'kan rambutnya panjang dan saya harus pakai hair extension. Nah, sebelumnya rambut saya sebenarnya sebahu, tapi sekarang harus potong pendek banget karena hair extension, itu bikin rambut saya rontok dan rusak," tutup Karina.
Selain Karina Suwandi, film 'Kuntilanak 2' juga dibintangi oleh Maxime Bouttier dan Susan Sameh. Film 'Kuntilanak 2' rencananya tayang di bioskop pada 4 Juni 2019.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan