kumparan
21 Oktober 2019 7:44

'Perempuan Tanah Jahanam' Mulai Dilirik Festival Film Internasional

Joko Anwar di acara diskusi film ‘Perempuan Tanah Jahanam’
Joko Anwar di acara diskusi film ‘Perempuan Tanah Jahanam’. Foto: Sarah Yulianti/kumparan
Film ‘Pengabdi Setan’ garapan Joko Anwar pada 2017 lalu berhasil meraih kesuksesan. Film tersebut meraup 4.206.103 penonton.
ADVERTISEMENT
Kini, Joko kembali dengan film horor terbarunya yang berjudul ‘Perempuan Tanah Jahanam’. Akankah 'Perempuan Tanah Jahanam' bisa melampaui kesukesan 'Pengabdi Setan' dalam jumlah penonton?
Meski belum bisa dipastikan, tapi melihat dengan tren yang diraih 'Perempuan Tanah Jahanam' saat ini, bisa saja film yang diperankan Tara Basro itu mendapat jumlah penonton yang tinggi.
Sejak pemutaran di hari pertama, jumlah penonton ‘Perempuan Tanah Jahanam’ lebih tinggi daripada ‘Pengabdi Setan’. Dahulu, ‘Pengabdi Setan’ meraup 91 ribu penonton, sementara ‘Perempuan Tanah Jahanam’ memperoleh 117.001 penonton.
Kini setelah tiga hari penayangan, film itu telah disaksikan oleh 370.777 penonton.
“Jadi, perharinya lebih tinggi dan akumulasinya lebih tinggi dari ‘Pengabdi Setan’. Sambutannya juga luar biasa dari ‘Pengabdi Setan’,” kata Joko saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Minggu (20/10).
Sutradara Joko Anwar
Sutradara Joko Anwar. Foto: Instagram @jokoanwar.
Pria 43 tahun ini merasa bahagia dengan pencapaian film ‘Perempuan Tanah Jahanam’. Joko mengatakan, ia dan tim telah memproduksi film tersebut dengan baik.
ADVERTISEMENT
“Alhamdulilah kita senang, karena memang filmnya kita bikin serius banget dari segi teknis, estetika, supaya penonton enggak rugi ke bioskop. Jadi, kita mau meningkatkan lagi brain market film horor Indonesia dan alhamdulilah tercapai,” tuturnya.
Setiap memproduksi film, pria kelahiran Medan, Sumatera Utara, ini mengaku tidak terlalu mempedulikan jumlah penonton. Sebab, yang penting baginya adalah kualitas film yang ia hasilkan.
“Kita sebenarnya kalau dari segi angka tidak pernah jadi diskusi yang berat, yang penting kita bikin filmnya bagus, penonton suka dan bisa dapat apresiasi dari masyarakat. Itu sih target utama dan kayaknya alhamdulillah tercapai,” ucap Joko Anwar.
Perempuan Tanah Jahanam
Foto adegan film Perempuan Tanah Jahanam Foto: Base Entertainment
Joko menuturkan bahwa film ‘Perempuan Tanah Jahanam’ sudah mulai dilirik oleh beberapa festival film internasional. Namun, dia belum bisa menyebutkan nama festival film tersebut.
ADVERTISEMENT
“‘Perempuan Tanah Jahanam’ akan memulai festival dalam waktu dekat, sama seperti ‘Pengabdi Setan’. Jadi, tayang dulu di Indonesia selama dua bulan, baru setelah itu kita akan berjalan ke festival,” pungkas Joko Anwar.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan