kumparan
29 Agustus 2019 14:40

Perubahan Penampilan Komeng Dulu hingga Sekarang

Komedian Komeng
Perubahan komedian Komeng dulu dan sekarang. Foto: Infografik: Nunki Lasmaria Pangaribuan/kumparan
Komeng merupakan salah satu komedian senior di Tanah Air. Sebagai senior, ia menjadi salah satu komedian yang gaya bercandanya bisa menembus segala zaman.
ADVERTISEMENT
Candaan dan celetukan 'ngocol' khas anak betawi, menjadi andalan Komeng sejak awal kemunculannya. Komeng selalu punya diksi yang kocak untuk menimpali umpan yang diberikan lawan mainnya.
Sejak awal kemunculan hingga saat ini, Komeng juga punya penampilan yang khas. Story berikut, akan membahas perubahan penampilan Komeng dulu hingga saat ini.
1. Awal Karier Bersama Diamor
Komeng pertama kali terjun ke dunia hiburan di acara Drama Komedi yang tayang di TVRI pada 1990. Di acara tersebut, Komeng kerap bertugas sebagai remaja nakal yang gemar melakukan berbagai hal iseng pada teman-temannya.
Selain itu, suaranya yang sengau dengan gaya bicara khas Betawi, juga ampuh membuat banyak orang terbahak-bahak.
Namanya kian dikenal ketika ia bermain bersama grup lawak Diamor. Dalam grup lawak yang sering kali menjuarai festival komedi itu, Komeng bermain bersama Jarwo Kwat, Rudy Sipit dan Mamo.
ADVERTISEMENT
Kala itu, Komeng tampil dengan rambut panjangnya yang terkuncir. Badannya juga masih terlihat amat kurus. Gayanya memang terbilang slengean, dengan kalung yang dia gunakan.
Bersama Diamor, Komeng mendapat beberapa program televisi di awal tahun 90-an. 'Kompor Diamor' dan 'Opera Diamor', merupakan program yang pernah dia mainkan kala itu.
2. Spontan
Suara sengau khas komeng rupanya mengantarkannya menjadi penyiar di Radio Suara Kejayaan Jakarta, dan Bens Radio.
Kemampuan melucu Komeng kian terasah dan gaya bicara Betawinya pun kian kental. Tak heran jika di tahun 90-an, Komeng bersama komedian lain, Ulfa Dwiyanti, terpilih sebagai host utama acara 'Spontan'.
Pada saat tampil di 'Spontan' Komeng tetap konsisten dengan gayanya yang slengean. Gaya komeng yang 'ngocol' semakin terlihat dalam program yang berisikan kejahilan itu. Suara sengau dan kosa kata 'uhuy' pun, menjadi ciri khasnya saat itu.
ADVERTISEMENT
Bukan hanya 'Spontan', Komeng juga banyak terlibat dalam beberapa sinetron di tahun 2000-an. 'Lola & Liliput', serta 'Putri Duyung' merupakan sinetron yang pernah diperankan.
3. Potongan Rambut Agak Pendek
Seiring berjalannya waktu, gaya Komeng pun kian berubah. Rambut lurus yang panjang, terlihat dipotong agak pendek. Badannya pun terlihat makin berisi dibandingkan dengan awal kariernya.
Kendati demikian, gaya jahil dan 'ngocolnya' tampak tak berkurang. Mendiang almarhum Olga Syahputra dan Adul tampaknya cukup puas merasakan keisengan dan kejahilan Komeng. Sebab, sekitar tiga tahun mereka bersama mengisi program sahur.
4. Tampil Formal di ILK
Rentang tahun 2013, Komeng sempat rutin tampil dalam program bertajuk 'Indonesia Lawak Klub'. Dalam program tersebut, Komeng bermain dengan banyak pemain lainnya, yang paling sering di antaranya ialah, Cak Lontong, Jarwo Kwat, Rico Ceper, dan Insan Nur Akbar.
ADVERTISEMENT
Dalam program tersebut, Komeng tampil formal dengan stelan jas dan kemejanya yang rapih tanpa menggunakan dasi. Meski demikian, tampilan formalnya itu tak menghilangkan gayanya yang slengean.
5. Penampilan Saat Ini
Meski banyak komedian muda bermunculan, namun Komeng mampu membuktikan kelasnya sebagai salah satu komedian terbaik di Tanah Air. Terang saja, gaya komedi dan celetukannya yang slengean masih terus bisa membuat para penontonnya terbahak-bahak.
Kini, Komeng kerap tampil dalam program 'Dagelan Ok'. Dalam program tersebut, kolaborasinya dengan Opie Kumis dan Jarwo Kwat mampu membuat para penontonnya terpingkal.
Apalagi, ketika Komeng berhasil membuat Jarwo harus lebih sabar menghadapi tingkah konyolnya.
Penampilan Komeng juga semakin beirisi. Rambutnya juga sudah tak terlalu panjang, namun terlihat cukup tebal.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan